Nasional

Kolaborasi Duo BUMN Peduli UMKM, PNM Gandeng Telkomsel Enterprise Dorong Digitalisasi Usaha Nasabah

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 14/11/2023 20:07 WIB

Sekretaris Perusahaan PNM Dodot Patria Ary (kanan) dan General Manager Account Management Business Sector Telkomsel, Handoyono Hadi (tengah) dalam media briefing di Menara PNM, Jakarta, Selasa (14/11/2023) (Foto: Rikard Djegadut/indonews.id)

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) terus melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan usaha para nasabah yang dilayaninya. Terbaru adalah dengan menggandeng Telkomsel untuk gencarkan digitalisasi layanan kepada 14,7 juta nasabah via aplikasi MekaarDigi.

"Kolaborasi ini jadi satu lingkaran besar untuk keperluan apapun. Kami berani mengatakan saat ini PNM adalah lembaga pembiayaan kelompok grup lending terbesar di dunia. Kalau di program mekar, 100% pesertanya adalah emak-emak atau perempuan,” ungkap Sekretaris Perusahaan PNM Dodot Patria Ary dalam media briefing di Menara PNM, Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Melalui kerjasama ini, Dodot berharap pihaknya tidak hanya fokus pada proses digitalisasi, tetapi juga menjamin keamanan perangkat dari pelanggaran data yang berpotensi merugikan secara finansial.

Peran Telkomsel yang menyediakan gawai dengan keamanan terjamin serta paket internet untuk fasilitas para Account Officer (AO) tentu dapat meningkatkan inklusi keuangan nasabah.

General Manager Account Management Business Sector Telkomsel, Handoyono Hadi mengatakan pihaknya sangat serius mendorong dan mendukung program UMKM, terutama dari proses digitalisasi. Dimana tidak hanya connectivity, tetapi one-stop solution yang concern terhadap dunia digital.

“Telkomsel mendorong dan mendukung dari sisi digitalisasi. Dengan kapabilitas yang ada di Telkomsel tentunya akan sangat membantu digitalisasi nasabah di PNM. Dengan kapabilitas tersebut akan sangat membantu usaha mikro kecil dan menengha (UMKM). Kami tidak hanya sekedar memberikan connectivity tetapi juga one stop solutions. Ini akan mampu mendukung proses bisnis dan produktivitas UMKM,” kata S. Handoyo.

 

PNM dan Telkomsel berharap, kolaborasi ini dapat meningkatkan implementasi aplikasi MekaarDigi dengan integrasi fitur Seamless Mobile Authentication pada gawai yang disediakan. Hal ini menjadi katalis untuk terus meningkatkan layanan demi inklusi digital yang lebih baik.

Langkah ini dilakukan untuk memperkuat eksistensi PNM dalam meningkatkan kesejahteraan nasabahnya. Seperti kita tahu, PNM terus bekerja untuk pemberdayaan nasabah melalui pembiayaan dan pendampingan. 

“Pembiayaan dan pendampingan merupakan dua sisi mata uang yang tidak boleh dipisahkan satu dengan lainnya. Sampai dengan awal November 2023 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 58,3 T kepada Nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 14,7 juta Nasabah,” ujar Dodot melanjutkan. 

Menutup keterangannya Dodot menyampaikan upaya menggandeng Telkomsel adalah upaya memperkuat ekosistem digital pada semua nasabah PNM yang menjamin keamanan data dan kenyamanan bertransaksi. 

“Siapa yang tidak tahu dengan Telkomsel, kita berharap kolaborasi ini menyempurnakan layanan digital kita,” pungkas Dodot.*

Artikel Terkait