Nasional

Nota Kesepahaman OIKN dengan 4 Perusahaan Teknologi AS dan 1 Kampus Kelas Dunia

Oleh : very - Minggu, 19/11/2023 20:21 WIB

Sesi foto bersama antara delegasi Otorita Ibu Kota Nusantara dengan delegasi Meta. (Foto: Ist)

SAN FRANCISCO, INDONEWS.ID -  Lawatan bisnis ke San Francisco, Amerika Serikat yang dilakukan oleh Otorita Ibu Kota Nusantara telah melahirkan 5 kesepakatan kerja sama dalam bentuk MoU dengan berbagai perusahaan dan institusi pendidikan.

Pada hari pertama kunjungan Senin, 13 November 2023 lalu, telah dilaksanakan penandatanganan MoU dengan tiga perusahaan teknologi ternama dari Amerika Serikat. Ketiga perusahaan tersebut adalah Cisco, Autodesk, dan Environmental Systems Research Institute (ESRI).

Selanjutnya, pada tanggal 14 November 2023, penandatanganan MoU dengan Microsoft.

Keempat penandatanganan MoU tersebut, seperti dikutip Tim Komunikasi Otorita Ibu Kota Nusantara, di Jakarta, Minggu (19/11) dilakukan sebagai bentuk partisipasi perusahaan global dalam pembangunan kota cerdas di IKN.

Cisco adalah perusahaan yang mengembangkan dan memproduksi perangkat jaringan, telekomunikasi, dan penyediaan layanan solusi teknologi. Cisco akan berpartisipasi dalam instalasi perangkat kota cerdas seperti pengembangan jaringan teknologi sensor dan Internet of Things (IoT) bagi pengumpulan, pengiriman dan pemanfaatan data dan informasi di lapangan.

Pengembangan sarana dan prasarana teknologi jaringan konektivitas ini akan bermanfaat bagi berbagai solusi teknologi cerdas seperti pengelolaan air dan energi, manajemen transportasi, bangunan pintar, dan pengelolaan kota.

Sedangkan Autodesk adalah perusahaan yang memproduksi berbagai perangkat lunak dan menyediakan layanan solusi digital. Solusi Autodesk digunakan untuk perancangan, pembangunan, dan pengoperasian proyek infrastruktur.

Autodesk akan berpartisipasi dalam membantu OIKN dalam merancang kota yang layak huni dan dicintai. Teknologi Autodesk akan membantu peningkatan kinerja perencanaan kota melalui visualisasi, optimasi, dan simulasi perencanaan gedung, ruang publik, dan infrastruktur yang meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan pengelolaan proyek pembangunan.

ESRI adalah perusahaan perangkat lunak berbasis sistem informasi geospasial. ESRI akan berpartisipasi dalam mengembangkan teknologi analitik berbasis spasial. Teknologi tersebut dimanfaatkan untuk pemetaan, pemantauan, pengindraan jauh, dan pengelolaan data spasial.

Melalui teknologi informasi geospasial tersebut, dapat membantu OIKN dalam perencanaan tata ruang dan pertanahan IKN. Hal ini akan membantu OIKN dalam perencanaan, pengembangan, dan pengelolaan kota. Pemanfaatan data dan informasi geospasial dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan sumber daya alam seperti air, hutan, satwa liar,dan biodiversitas, memitigasi risiko bencana, dan lain sebagainya.

Dan Microsoft adalah perusahaan sistem operasi dan perangkat lunak komputer. Microsoft akan berpartisipasi dalam proses transformasi digital di IKN. Dengan percepatan transformasi digital, maka peningkatan produktivitas dan daya saing dapat dicapai melalui penyediaan pelayanan yang lebih cepat, mudah, dan efisien.

Microsoft akan berpartisipasi dalam proses transformasi digital IKN melalui pengembangan solusi kota cerdas dalam berbagai aspek pengelolaan kota, pengembangan infrastruktur digital pusat data dan cloud computing yang aman dan berketahanan, serta peningkatan inisiatif pendidikan literasi digital dan keterampilan komputer bagi masyarakat.

Terakhir dalam lawatan di San Francisco, ditekennya MoU antara Otorita Ibu Kota Nusantara dengan Universitas kelas dunia, Standford yaitu dengan Standford Doerr School of Sustainability untuk pusat riset dan penelitian serta inovasi di IKN dan ke depan adalah penjajakan dibangunnya kampus Standford di IKN.

Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, menegaskan bahwa kelima MoU ini menunjukkan ketertarikan dan kepercayaan dunia internasional dalam pembangunan IKN sebagai kota modern yang cerdas, berkelanjutan, berketahanan, berkelanjutan, hijau, dan inklusif.

Keaktifan OIKN dalam mengundang seluruh kalangan dalam berpartisipasi dan berinovasi dalam membangun IKN sebagai living lab merupakan langkah mewujudkan IKN sebagai kota dunia untuk semua. ***

Artikel Terkait