Bisnis

Kazan Expo: Rusia Siap Tingkatkan Pasokan Standar Halal ke Negara Islam

Oleh : very - Selasa, 09/01/2024 10:10 WIB

Peringatan XV Forum Ekonomi Internasional “Rusia - Dunia Islam: KazanForum”, yang akan diadakan di Kazan (Federasi Rusia, Republik Tatarstan) pada 14-19 Mei 2024 mendatang. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pada tahun 2023, Rusia menjadi salah satu negara non-Islam pertama di dunia yang memperkenalkan standar Halal negaranya sendiri.

Pada November, sertifikat Halal Rusia telah diakui di negara-negara Teluk, yang akan menyederhanakan pasokan produk dari Federasi Rusia ke UEA, Arab Saudi, Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar dan Yaman, dan selanjutnya ke negara-negara lain di Timur Tengah, Asia dan Afrika.

Para ahli terkemuka di bidang Halal akan berbicara tentang peluang yang akan terbuka bagi pasar negara-negara Islam mulai tahun 2024 pada peringatan XV Forum Ekonomi Internasional “Rusia - Dunia Islam: KazanForum”, yang akan diadakan di Kazan (Federasi Rusia, Republik Tatarstan) pada 14-19 Mei 2024 mendatang.

Industri halal berkembang pesat di Rusia dan di seluruh dunia. Topik ini adalah salah satu yang utama di KazanForum tahunan, yang berlangsung dengan partisipasi negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam, dan akan sangat relevan di forum yang akan datang.

“Dalam beberapa tahun terakhir, omset perdagangan antara Rusia dan negara-negara OKI telah meningkat. Pada tahun 2021, omset perdagangan mencapai $113,3 miliar, meningkat 43,2% dibandingkan tahun 2017,” kata Hissein Brahim Taha, Sekretaris Jenderal Organisasi Kerja Sama Islam yang beranggotakan 57 negara.

Peluang baru, menurutnya, terbuka dengan adanya pasar halal dan saling memasok produk yang sesuai dengan norma Islam.

“Pasar Halal global tumbuh sangat cepat dan kini bernilai $2,6 triliun. Saya berharap kerja Forum ini akan berkontribusi pada pengembangan lebih lanjut industri Halal di Rusia dan perdagangan. Dan pada tahun 2028, pasarnya diperkirakan mencapai lebih dari $11 triliun,” kata Sekretaris Jenderal OKI pada Mei 2023.

Kemungkinan pasokan baru telah diperluas oleh Pusat Kompetensi Halal yang didirikan di Federasi Rusia dan lembaga terakreditasi pertama untuk sertifikasi produk halal (menurut standar negara yang dikembangkan sesuai dengan standar nasional dan internasional) “Roskachestvo - Halal”.

Pada bulan November, pusat tersebut menerima sertifikasi dari Pusat Akreditasi Teluk Gulf Cooperation Counsil Accreditation Center (GAC), sebuah pengakuan di wilayah dengan industri Halal dimulai dengan sistem sertifikasi untuk produk yang dijualnya.

“Kami berupaya untuk saling mengakui sistem sertifikasi Halal, berbagi pengalaman dan pengetahuan, serta melatih rekan-rekan kami di seluruh dunia. Kami membutuhkan semua lembaga untuk bekerja dengan baik, memperbarui standar mereka, dan meningkatkan keterampilan staf mereka. Dan kami siap bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan tersebut atas nama pemerintah di masing-masing negara,” kata Yusif Salem Alharbi, Direktur Pusat «Halal» Badan Pengawas Obat dan Makanan Umum Kerajaan Arab Saudi (SFDA), di KazanForum-2023.

Dengan demikian, lembaga sertifikasi Halal pertama yang terakreditasi untuk bekerja di pasar negara-negara Teluk Persia telah muncul di Rusia. Menurut para ahli, hal ini akan menyederhanakan ekspor, mengurangi biaya dan meningkatkan kemampuan perusahaan pemasok.

Di antara produk halal yang menjanjikan dari Federasi Rusia adalah unggas, daging sapi, kembang gula, dan produk susu. Supply dapat dibuat tidak hanya ke negara-negara Teluk Persia - saat ini “Roskachestvo-Halal” sedang menjalani audit oleh sejumlah negara Islam lainnya. Hubungan di bidang sertifikasi juga berkembang di Iran, Indonesia, Malaysia, Turki, Kazakhstan, dan Kyrgyzstan. Di masa depan, produk yang disertifikasi di Federasi Rusia dapat secara otomatis diakui memenuhi standar Halal di luar negeri.

Standar nasional pertama di Rusia muncul sebagai hasil dari keputusan yang dibuat pada tahun 2017 di KazanForum untuk membentuk komite teknisnya sendiri untuk standardisasi Halal.

Kazanforum-2024 dapat menjadi platform untuk membuat keputusan baru dan perjanjian internasional yang akan mempengaruhi pengembangan pasar global produk halal.

Tamu Forum – para ahli dan pelaku pasar – akan membahas perkembangan skema akreditasi Halal di Rusia dan mekanisme saling pengakuan produk dengan negara-negara Islam, bertukar pengalaman dan praktik terbaik di bidang infrastruktur Halal. Masalah yang juga dihadapi adalah pembentukan sistem modern untuk melatih spesialis di industri halal, yang berkembang pesat dan mencakup lebih banyak industri: produksi pangan, keuangan, pariwisata, dan kedokteran.

Acara penting dari Forum ini adalah Pameran Kerjasama Ekonomi, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi “Russia Halal Expo 2024” – pameran proyek terbesar menurut standar Halal di Rusia, sebuah platform untuk menjalin kontak dan kerja sama bisnis internasional. Akan ada produk pangan, produk non pangan, perdagangan besar dan eceran, teknik mesin, konstruksi, industri fesyen dan kecantikan, jasa halal di bidang keuangan dan investasi, pariwisata, pendidikan, IT, kesehatan.

Jika diinginkan, para tamu Forum akan dapat membeli produk - Pameran Internasional Produk Halal Kazan Halal Market - sebuah tempat untuk kunjungan keluarga dan belanja yang sukses - akan dibuka di KazanForum-2024. Produk halal, kosmetik, pakaian, perlengkapan, aksesoris dan perlengkapan rumah tangga akan dijual.

Program ini juga mencakup festival busana Islami dan kunjungan ke situs spiritual dan sejarah Republik Tatarstan.

Pendaftaran KazanForum-2024 (termasuk untuk media) dibuka pada 11 Desember 2023. Partisipasi dengan persyaratan preferensial dalam pameran Russia Halal Expo 2024 - hingga 31 Desember. Semua informasi ada di situs resmi Forum: www.kazanforum.ru. ***

Artikel Terkait