Bisnis

Gelar Pelatihan untuk Kaderisasi, Musim Mas Targetkan Women Smallholders Program Jangkau Lebih Banyak Perempuan di Perkebunan

Oleh : very - Jum'at, 26/01/2024 12:38 WIB

Dr. Fotarisman Zaluchu, S.K.M, M.P.H (tengah) dan Dr. Putri C. Eyanoer, MS.Epi, Ph.D (kiri) memberikan pembekalan bagi 30 kader pelatih/Trainers dalam sesi Training-of-Trainers (ToT) Kader Pelatihan Nutrisi dan Kesehatan - Women Smallholders Program Musim Mas pada tanggal 9-11 Januari 2024 di Pekanbaru, Riau. Pelatihan ini ditujukan bagi petani perempuan dan istri petani yang telah mengikuti Pelatihan Nutrisi dan Kesehatan Women Smallholders Program Musim Mas, untuk menjadi pelatih bagi komunitasnya. (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID -  Musim Mas Group, salah satu perusahaan kelapa sawit terintegrasi terbesar di dunia, mengawali tahun baru dengan menyelesaikan sesi Training-of-Trainers (ToT) Kader Pelatihan Nutrisi dan Kesehatan - Women Smallholders Program, belum lama ini.

Pelatihan ini ditujukan bagi petani perempuan dan istri petani yang telah mengikuti Women Smallholders Program Musim Mas pada pelatihan Nutrisi dan Kesehatan Keluarga, untuk menjadi trainer atau pelatih bagi komunitasnya. Program ini merupakan bagian dari komitmen Musim Mas untuk terus meningkatkan taraf hidup petani swadaya kelapa sawit.

Sesi pelatihan yang diselenggarakan pada 9-11 Januari 2024 di Pekanbaru, Riau ini diikuti oleh 30 peserta terpilih dari Kabupaten Pelalawan, Rokan Hilir, dan Rokan Hulu. Selain kesediaan peserta untuk menjadi kader pelatih Women Smallholders Program, mereka juga dipilih berdasarkan keaktifan saat mengikuti pelatihan Women Smallholders Program, yang diukur dari perubahan kesehatan (sebelum dan sesudah pelatihan),  serta komitmen untuk menerapkan pola hidup sehat pada diri sendiri dan keluarga setelah pelatihan berakhir. 

Para kader ini dipersiapkan untuk dapat memberikan pelatihan bagi petani perempuan dan istri petani lainnya yang tergabung dalam Asosiasi Petani Kelapa Sawit binaan Musim Mas, serta perkumpulan perempuan setempat, dengan pendampingan dari tim lapangan Musim Mas. 

(Para kader pelatih tampak berlatih berbagai lagu dan permainan yang akan digunakan dalam pelatihan pada petani perempuan dan istri petani di komunitasnya. Program Training-of-Trainers (ToT) Kader Pelatihan Nutrisi dan Kesehatan - Women Smallholders Program Musim Mas yang diselenggarakan tanggal 9-11 Januari 2024 di Pekanbaru, Riau, merupakan bagian dari komitmen Musim Mas untuk terus meningkatkan taraf hidup petani swadaya kelapa sawit. Foto: Ist)

Linda Wati, Project Leader Women Smallholders Program - Musim Mas mengatakan, peran perempuan di perkebunan, khususnya kelapa sawit, sangat penting. Selain pekerjaan domestik, seperti memastikan aktivitas dalam rumah tangga berjalan dengan baik, serta memenuhi semua kebutuhan keluarganya,  mereka juga membantu pekerjaan dalam pengelolaan kebun, serta melakukan fungsi sosial di masyarakat melalui kegiatan setempat.

“Setelah berhasil memberikan pelatihan kepada lebih dari 500 petani perempuan dan istri petani pada tahap awal Women Smallholders Program tahun lalu, kami ingin menjadikan ini sebagai program yang berkelanjutan dan berdampak lebih luas. Melalui Training for Trainers, para kader dibekali pelatihan untuk menjadi agen perubahan di dalam komunitasnya, terutama dalam mempengaruhi, mengubah, dan menanamkan perilaku sehat terkait nutrisi, gizi balita dan kesehatan keluarga,” ujar Linda Wati.

“Kami bangga akan hadirnya kader-kader pelatihan ini yang telah mendedikasikan waktu mereka untuk bisa berbagi dengan para perempuan perkebunan di daerah mereka,” jelas Linda Wati lebih lanjut.

Dia mengatakan, hasil nyata yang dirasakan para kader pelatih setelah menerapkan pola hidup sehat yang mereka pelajari saat mengikuti pelatihan nutrisi dan kesehatan keluarga Women Smallholders Program, menjadi motivasi untuk bisa berbagi dengan perempuan lainnya di komunitas mereka.

Ibu Rizka, peserta pelatihan kader pelatih dari Kabupaten Pelalawan mengatakan, dirinya ingin menjadi kader pelatih karena peduli pada ibu-ibu lain agar mereka juga bisa menerapkan hidup sehat.

“Dengan mengikuti program pelatihan nutrisi dan kesehatan keluarga yang diselenggarakan Musim Mas, saya telah dapat melakukan perubahan yang lebih baik di dalam keluarga. Mulai dari mengatur pola makan yang baik sehingga berat saya badan turun dan hasil pemeriksaan kesehatan diri saya membaik. Bahkan saya dapat membantu suami untukmengurangi kebiasaan merokoknya,” tutur Ibu Rizka.

Ia juga merasa senang karena suaminya mendukung kegiatan positif tersebut. 

(Peserta Training-of-Trainers (ToT) Kader Pelatihan Nutrisi dan Kesehatan - Women Smallholders Program Musim Mas berpose dengan Dr. Fotarisman Zaluchu, S.K.M, M.P.H dan Dr. Putri C. Eyanoer, MS.Epi, Ph.D usai pelatihan di Pekanbaru, Riau (9-11 Januari 2024). Program ini merupakan upaya Musim Mas untuk terus meningkatkan taraf hidup petani swadaya kelapa sawit dengan memperkuat peran perempuan di perkebunan. Foto: Ist)

Pengalaman serupa juga diungkapkan oleh Ibu Luthfia, kader pelatih dari Kabupaten Rokan Hulu.

Dia telah merasakan sendiri manfaat program pelatihan nutrisi dan kesehatan keluarga yang telah diberikan oleh Musim Mas. “Memang, manfaat tidak saya dapatkan secara instan, namun saya melakukan apa yang diajarkan secara konsisten. Karena itu, saya akan sangat bangga jika saya dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman yang telah saya dapatkan, melalui peran saya sebagai kader nantinya, sehingga mereka juga bisa menerapkan pola hidup sehat,” ujarnya.

Setelah mengikuti dan konsisten menerapkan program pelatihan, katanya, penurunan berat badan yang dialaminya membuat ia merasa lebih sehat, segar, dan tidak mudah lelah. 

 

Apresiasi Atas Antuasme Para Ibu

Pelatihan untuk para kader yang berlangsung selama tiga hari ini diberikan oleh dua akademisi Universitas Sumatera Utara (USU) yang memang dilibatkan Musim Mas sejak awal program.

(Para kader pelatih terpilih yang tengah mengikuti salah satu sesi Training-of-Trainers (ToT) Kader Pelatihan Nutrisi dan Kesehatan - Women Smallholders Program Musim Mas. Mereka mendapat pembekalan mengenai metode pelatihan yang akan diterapkan pada komunitasnya. Sesi ToT yang diselenggarakan tanggal 9-11 Januari 2024 di Pekanbaru, Riau, merupakan bagian dari komitmen Musim Mas untuk terus meningkatkan taraf hidup petani swadaya kelapa sawit. Foto: Ist

Dr. Fotarisman Zaluchu, S.K.M, M.P.H, memberikan metode pelatihan dan penggunaan alat peraga yang efektif dalam melakukan pelatihan;  sedangkan Dr. Putri C. Eyanoer, MS.Epi, Ph.D, memberikan pendalaman materi terkait nutrisi dan kesehatan keluarga. Para kader  juga mendapatkan perlengkapan pendukung pelatihan, seperti alat peraga, permainan, serta modul dan kalender kesehatan untuk memantau pola hidup sehat yang akan diterapkan peserta pelatihan mereka nanti.

Dr. Fotarisman Zaluchu, S.K.M, M.P.H., mengatakan, antusiasme para ibu peserta kaderisasi untuk belajar dan nantinya berbagi pengetahuan ini, patut diapresiasi.

“Meski materi pelatihan mungkin sudah tidak asing lagi bagi mereka, namun menjadi pelatih merupakan pengalaman baru bagi mereka, sehingga membutuhkan latihan dan waktu untuk dapat melakukannya. Inisiatif Musim Mas untuk melakukan perubahan positif bagi perempuan di perkebunan sawit, dengan menghadirkan kader-kader ini, sangat menginspirasi,” ujar Dr. Fotarisman. 

Tahun lalu,  Musim Mas telah menyelesaikan pelatihan pertama Women Smallholders Program terkait Nutrisi dan Kesehatan Keluarga, yang diikuti oleh lebih dari 500 petani perempuan dan istri petani kelapa  sawit swadaya di tiga kabupaten di Provinsi Riau. 

Selanjutnya, Musim Mas akan meneruskan dan menjangkau lokasi yang lebih luas lagi terkait pelatihan Nutrisi dan Kesehatan Keluarga, serta mengembangkan modul pelatihan lainnya untuk Women Smallholders Program, yaitu Literasi Keuangan, dan Peluang Bisnis Rumahan. ***

 

 

Artikel Terkait