Nasional

Mahfud Md Mengaku Akan Terus Berjuang untuk Demokrasi dan Keadilan

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 17/02/2024 15:58 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md mengatakan dirinya akan tetap berjuang untuk demokrasi dan keadilan apa pun hasil dari Pilpres 2024. Mahfud menyebut pemilihan umum atau Pemilu bukan jalan satu-satunya untuk berjuang.

Hasil real count sementara versi Komisi Pemilihan Umum atau KPU pada Jumat pagi, 16 Februari 2024, pasangan nomor urut 3 Ganjar-Mahfud menunjukkan perolehan suara mencapai 9.559.888 atau 17.97 persen.

“Apapun hasil dari Pilpres saya akan terus berjuang untuk demokrasi dan keadilan. Jalan perjuangan dan demokrasi bukan hanya pemilu. Pemilu hanya salah satu ekspresi demokrasi,” kata Mahfud dalam keterangan video usai menghadiri Pengukuhan Guru Besar Tetap Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, pada Sabtu, 17 Februari 2024.  

 

Mahfud juga bercerita bahwa dirinya pernah menjabat di pemerintahan, tetapi masih produktif berjuang dalam demokrasi dan pemerintahan. Selain itu, Mahfud menyebut gerakan kampanye dan masyarakat sipil merupakan sumber gerakan perubahan dari otoritarianisme menuju demokrasi. 

“Sejarah mengajarkan jika demokrasi disumbat, maka demokrasi selalu membuka jalannya sendiri,” kata Mahfud.*

 

Artikel Terkait