Bisnis

Peringati Bulan K3, GM Regional 2 Teluk Bayur: 2 Tahun Terakhir Tak Ada Kecelakaan Kerja Kategori Fatal

Oleh : very - Rabu, 21/02/2024 22:14 WIB

General Manager Regional 2 Teluk Bayur, Capt. Medi Kusmana dalam sambutannya di kegiatan Apel Bersama Dalam Peringatan Bulan K3 Nasional. (Foto: Martimindonesia.co)

Jakarta, INDONEWS.ID – Memperingati bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional, PT Pelindo (Persero) Regional 2 Teluk Bayur menggelar apel bersama di lapangan kantor PT Pelindo (Persero) Regional 2 Teluk Bayur, Selasa (20/2).

Apel bersama itu diikuti oleh seluruh unsur maritim Pelabuhan Teluk Bayur, termasuk anak perusahaan dan subholding PT Pelindo (Persero) Group.

Tahun ini K3 Nasional mengangkat tema “Budayakan K3, Sehat dan Selamat Dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha”.

Dalam sambutannya, General Manager Regional 2 Teluk Bayur, Capt. Medi Kusmana mengatakan salah satu kunci penting dari pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul adalah dengan membangun budaya K3 yang baik.

“Dengan adanya budaya K3 yang unggul, maka angka kecelakaan kerja akan dapat ditekan,” ujarnya seperti dikutip Maritimindonesia.co.

Capt. Medi mengatakan, berdasarkan laporan tahunan HSSE Regional 2 Teluk Bayur dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, jumlah kecelakaan kerja tidak ada yang masuk kategori fatal.

“Namun kita semua tetap tidak boleh lalai dan harus selalu mengedepankan dan meningkatkan perhatian serta kepedulian kita terhadap Program K3, agar menjadi prioritas bagi kita semua,” katanya.

Capt. Medi juga mengajak dan mendorong seluruh pihak yang berkegiatan di Pelabuhan Teluk Bayur, agar menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) secara konsisten, sebagaimana ketentuan perundangan yang berlaku.

“Sehingga budaya K3 melekat pada setiap individu yang berperan serta di perusahaan dan pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas kerja,” ungkap Capt. Medi.

Menutup sambutan, Capt. Medi  menghimbau sekaligus mengajak seluruh stakeholder Pelabuhan Teluk Bayur untuk selalu meningkatkan sinergi, koordinasi dan kolaborasi dalam upaya peningkatan kemandirian berbudaya K3 sehingga menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, sehat dan menuju nihil kecelakaan kerja (zero accident).

Pada sesi akhir acara, General Manager Regional 2 Teluk Bayur juga memberikan rompi secara simbolis kepada setiap driver truck yang masuk ke area Pelabuhan, sebanyak 300 rompi.

Pemberian rompi ini dicanangkan atas kerja sama antara Pelindo Regional 2 Teluk Bayur, IPC TPK Area Teluk Bayur, PTP Cabang Teluk Bayur, JAI Area IV Teluk Bayur, SPJM Area Teluk Bayur dan JPPI Area Teluk Bayur. ***

Artikel Terkait