Nasional

Jokowi Jawab Curhat Pelaku UMKM Sulit Dapat KUR: Ada PNM Mekaar, UMi

Oleh : indonews - Selasa, 26/03/2024 23:45 WIB

Jokowi Jawab Curhat Pelaku UMKM Sulit Dapat KUR: Ada PNM Mekaar, UMi 

 

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi keluhan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang mengaku kesulitan mendapat akses permodalan kredit usaha rakyat (KUR) karena terkendala BI Checking.

Jokowi menegaskan pemerintah telah menyediakan berbagai skema pembiayaan untuk mendukung pelaku UMKM, dengan besaran pinjaman yang beragam.

Untuk kredit hingga Rp500 juta bisa diperoleh dari program KUR di bank-bank milik pemerintah. Pinjaman tersebut memiliki bunga 6 persen per tahun.

"Sebetulnya kita ini kan punya skema yang macam-macam. Untuk yang sampai Rp500 juta ada yang namanya KUR, bunganya pun hanya 6 persen per tahun. KUR. Bisa Rp25 juta sampai Rp500 juta ke bank pemerintah," kata Jokowi usai kunjungan di Pasar Sungai Ringin, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, Kamis (21/3).

Ia menjelaskan selain KUR, ada berbagai pilihan lain dalam pembiayaan, misalnya program Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar. Program tersebut menyediakan pinjaman hingga Rp10 juta yang dirancang untuk usaha mikro dengan sistem yang memudahkan peminjaman.

"Yang kedua, kita juga punya yang namanya PNM Mekaar. Itu yang pinjaman sampai Rp10 juta. Rp2 juta, Rp5 juta, Rp7 juta, dengan sistem gandeng renteng, ada semuanya," lanjutnya.

Jokowi juga menyebut program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) yang menyediakan pinjaman lebih kecil lagi untuk mendukung usaha yang sangat kecil atau ultra mikro.

Ia menjelaskan bahwa program-program tersebut dirancang agar bisa diakses tanpa agunan, sehingga memudahkan para pelaku UMKM untuk mendapatkan dukungan modal.

"Hanya masyarakat mungkin belum terinformasi dengan baik. Ini sebetulnya bisa ke bank, bisa ke lembaga PNM Mekaar, bisa ke UMi, banyak sekali yang bisa. Asal usahanya produktif, tanpa agunan. Yang untuk PNM Mekaar dan UMi itu tanpa agunan," pungkasnya.*

TAGS :

Artikel Terkait