Nasional

Denny JA melalui DPD SatuPena Sumbar Sumbangkan Buku ke TBM Nagari Sintuak

Oleh : luska - Senin, 24/06/2024 18:42 WIB

Sintuak, INDONEWS.ID - Dewan Pimpinan Daerah (DPD)  SatuPena Provinsi Sumatra Barat (Sumbar)  atas sponsor Denny JA, terus mendorong Taman Bacaan Masyarakat (TBM) untuk meningkatkan literasi tulis baca masyarakat. Apalagi TBM yang dinaungi pemerintahan nagari yang menunjukkan kepedulian pemerintahan nagari setempat untuk mencerdaskan masyarakat melalui buku di akar rumput.

Demikian diungkapkan Sekretaris DPD SatuPena Sumatera Barat Armaidi Tanjung, Senin (24/6/2024) saat menyerahkan sumbangan buku dari Denny JA melalui DPD SatuPena Sumatera Barat kepada Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Nagari Sintuak Kecamatan Sintuak Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman yang terletak di Korong Tembok Nagari Sintuak jalan lintas Lubuk Alung – Pariaman. Menurut Armaidi Tanjung, kehadiran TBM yang berada di nagari sangat strategi mendorong peningkatan minat baca masyarakat. Setidaknya, kehadiran TBM yang menyediakan bahan bacaan buku, majalah dan sumber bacaan lainnya akan membantu masyarakat lebih dekat dengan buku.
“Mungkin selama ini salah satu kendala mendorong masyarakat membaca buku adalah karena sulitnya mendapatkan bahan bacaan buku. Dengan adanya TBM yang dibina dan dikembangkan pemerintahan nagari, tentu akan lebih mendekatkan masyarakat dari bahan bacaan yang ada di TBM. Tinggal lagi bagaimana menggerakkan masyarakat agar mulai menyediakan waktunya ke TBM membaca buku yang ada,” kata Armaidi Tanjung yang juga penulis buku ini.

Dikatakan Armaidi Tanjung, Denny JA, Ketum SatuPena dan  Sastri Bakry, Ketua DPD SatuPena Sumbar  sangat konsen mendukung kehadiran TBM dalam mendorong peningkatan literasi tulis baca masyarakat. Pada bedah buku karyanya yang berjudul Bung Hatta and Boven Digoel  When a Papuan Cried to Me, (Bung Hatta dan Boven Digoel Ketika Seorang Papua Menangis Padaku) Kamis (20/6/2024) lalu, atas sponsor Denny JA, Ketum SatuPena Pusat mensponsori buku ke sejumlah TBM di Sumatera Barat.

“Hal itu bertujuan untuk menambah koleksi buku TBM sekaligus mendorong pihak lain untuk bersama-sama  membantu penambahan buku-buku di TBM,” tutur Armaidi Tanjung.

Penyerahan buku yang berjumlah lebih kurang 50 buku diterima Kepala TBM Nagari Sintuak Aqil Septian disaksikan Wali Nagari Sintuak Desrial, S.Pd, Ketua Badan Musyawarah (Bamus) Nagari Sintuak  Rifki Monrizal, SH, MM. Penyerahan buku bersamaan dengan kedatangan mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Jurusan Pendidikan Non Formal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang (UNP) yang terdiri dari Alfiona Febrianti, Zil Qairani, Adila Tamara, Sophia Paramita Anorra dan Vilka Aditya. KKL yang berlangsung 24 Juni hingga 10 Agustus 2024.

Wali Nagari Sintuak Desrial menyebutkan, TBM ini mulai dirintis tahun 2022 saat PKK Nagari  Sintuak   mengikuti lomba. Saat itu berada di Korong Palembayan. Belakangan karena ada lokasi di Korong Tembok yang berada di pinggir jalan lintas Lubuk Alung – Pariaman, maka sekretariat TP PKK Nagari Sintuak dipindahkan. Seiring dengan itu, TBM ini juga dipindahkan. 

“Namun di lokasi yang baru ini tidak saja kegiatan PKK dan TBM, berbagai kegiatan lainnya juga dipusatkan di sini. Termasuk kesenian, budaya dan kegiatan lainnya. Dengan adanya TBM yang berada di pinggir jalan lintas dan beberapa meter dari SMPN Sintuak, diharapkan TBM lebih berfungsi dan makin banyak dikunjungi masyarakat,” kata Desrial.
Melalui Rapat TBM beberapa hari lalu juga terbentuk komunitas seni saluak badeta Nagari Sintuak yang berada di bawah TBM. Sehingga TBM ini tidak saja meningkatkan literasi baca tulis masyarakat, akan tetapi juga meningkatkan literasi seni budaya yang ada di Nagari Sintuak.

Kepala TBM Nagari Sintuak Aqil Septian menyampaikan terima kasih pada DPD SatuPena Sumbar yang sudah menyumbangkan banyak buku. “Mudah-mudahan tambahan buku tersebut semakin menyemangati kami untuk melayani masyarakat membaca buku di TBM ini,” kata Aqil Septian menambahkan.

TAGS : Denny ja

Artikel Terkait