Daerah

Transparansi Keuangan: Pemkab Maybrat Serahkan Laporan Keuangan 2023 ke BPK Papua Barat

Oleh : luska - Jum'at, 28/06/2024 16:55 WIB

Maybrat, INDONEWS.ID - Jumat, 28 Juni 2024, menjadi hari bersejarah bagi Pemerintah Kabupaten Maybrat. Pada hari ini, Ferdinandus Taa, SH, M.Si, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Maybrat, secara resmi menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Maybrat Tahun Anggaran 2023. Laporan ini diserahkan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Papua Barat. Penyerahan laporan diterima oleh Suparwadi, Plt. Kepala Perwakilan BPK Papua Barat, di Ruang Tamu VIP Kantor BPK Perwakilan Papua Barat. Momen ini menandai awal proses audit yang sangat penting untuk transparansi dan akuntabilitas keuangan daerah. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara pemerintah daerah dan BPK.

Dalam penyerahan tersebut, Bapak Ferdinandus Taa menyampaikan bahwa laporan ini telah disusun dengan transparan dan detail. Laporan ini merupakan cerminan komitmen Pemerintah Kabupaten Maybrat dalam menjaga keterbukaan informasi kepada publik. Transparansi ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan keuangan daerah. Penyusunan laporan dilakukan sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan yang berlaku. Hal ini juga mencerminkan integritas dan profesionalisme Pemerintah Kabupaten Maybrat dalam mengelola dana publik. 

BPK akan mendukung dengan menghasilkan rekomendasi yang berkualitas, bermanfaat, dan solutif. Rekomendasi ini akan menjadi bahan penting bagi pemerintah daerah untuk melakukan pembenahan dan peningkatan kualitas kinerja. BPK juga berupaya untuk terus menjaga independensi dan objektivitas dalam melaksanakan tugasnya. Hasil audit diharapkan dapat menjadi pedoman perbaikan.

Dengan penyerahan laporan ini, Pemerintah Kabupaten Maybrat menunjukkan keseriusannya dalam mengelola keuangan daerah dengan baik. Ke depan, diharapkan akan ada perbaikan yang signifikan dalam pengelolaan keuangan dan pelayanan publik.  Kolaborasi yang baik antara pemerintah daerah dan BPK sangat penting untuk mencapai tata kelola yang baik. Semoga langkah ini dapat membawa perubahan positif bagi Kabupaten Maybrat dan masyarakatnya.

Artikel Terkait