Daerah

Sinergi Statistik: Inovasi Baru BPS Maybrat untuk Kemajuan Data

Oleh : luska - Rabu, 03/07/2024 15:53 WIB

Maybrat, INDONEWS.ID - Rabu, 3 Juli 2024, Pj Bupati Maybrat, Dr. Bernhard Eduard Rondonuwu, S.Sos, M.Si,  audiensi dengan Kepala BPS Maybrat, Bill Hilthon Enrico Gaman, dan jajaran. Audiensi  ini bertujuan untuk meminta dukungan dalam rangka Pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dan Pendidikan dan Pelatihan Dasar CPNS BPS Kabupaten Maybrat. Dalam audiensi ini, berbagai inovasi dan program statistik sektoral dipresentasikan untuk meningkatkan kualitas data di Maybrat. BPS Maybrat diharapkan bisa menjadi pembina statistik sektoral yang efektif dan efisien. Dengan kolaborasi dan sinergi ini, diharapkan pembangunan di Kabupaten Maybrat dapat lebih terarah dan berdasar pada data yang valid. 

Kepala BPS Maybrat, Bill Hilthon Enrico Gaman, menjelaskan program Pembangunan Statistik Sektoral Melalui Sinergitas dan Kolaborasi Satu Hati, Satu Komitmen, Satu Data. Program ini bertujuan mengoptimalkan peran BPS sebagai pembina statistik sektoral yang berorientasi pada manfaat nyata. Dengan menyinergikan dan mengolaborasikan peran pemerintah daerah, program ini akan memastikan bahwa setiap kebijakan yang diambil berdasarkan data yang akurat. 

Dalam audiensi tersebut, Rasya Khalil Gibran, S.Tr.Stat., mempresentasikan Keadaan Angkatan Kerja Kabupaten Maybrat Agustus 2023, atau KAMAT. KAMAT merupakan layanan data inovatif yang terinspirasi dari Kampung Kamat di Distrik Aifat Timur Tengah. Program ini menyajikan data ketenagakerjaan yang akurat dan relevan untuk kebijakan ketenagakerjaan yang tepat sasaran. Melalui data ini, diharapkan pemerintah dapat membuat kebijakan yang mendukung peningkatan kualitas dan kesejahteraan tenaga kerja di Maybrat. Rasya menekankan pentingnya data yang valid dalam menentukan arah kebijakan yang akan diambil. 

Riduwan Nurkolis memperkenalkan inovasi lainnya, yaitu System Of WhatsApp Integrated Sharing File Automatically Utility (Sowai Sau). Sowai Sau memungkinkan pengguna data mendapatkan pelayanan data secara mandiri, baik dengan berkunjung langsung ke PST BPS Kabupaten Maybrat maupun melalui gawai via WhatsApp dengan hubungi 0812-6000-9204. Sistem ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses data yang diperlukan dengan cepat dan efisien. Layanan ini adalah langkah maju dalam digitalisasi pelayanan data di Kabupaten Maybrat. Dengan kemudahan ini, diharapkan akses informasi menjadi lebih merata di seluruh lapisan masyarakat. 

Pj Bupati Maybrat, Dr. Bernhard Eduard Rondonuwu, langsung mencoba layanan 'Chat Bot Sowai Sau' di WhatsApp dengan hubungi 0812-6000-9204 Beliau sangat terkesan dengan inovasi layanan data yang ditawarkan oleh BPS Maybrat. Menurutnya, layanan ini sangat membantu dalam menyediakan data yang diperlukan oleh masyarakat secara cepat dan mudah. Kecepatan dan keakuratan data yang disajikan melalui layanan ini mendapat apresiasi tinggi dari Pj Bupati. Beliau berharap layanan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat Maybrat. 

Sebagai penutup, Pj Bupati Maybrat memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap BPS Kabupaten Maybrat atas kontribusi luar biasa mereka. Beliau mengajak seluruh masyarakat untuk segera memanfaatkan layanan inovatif ini. Dukungan penuh dari pemerintah daerah terhadap program-program BPS diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi pembangunan Maybrat. Sinergi antara BPS dan pemerintah daerah adalah kunci keberhasilan dalam menciptakan data yang akurat dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Pj Bupati menegaskan bahwa komitmen bersama ini harus terus dijaga demi kemajuan Kabupaten Maybrat.

Artikel Terkait