Olah Raga

Bupati Aswari: Marwah Olahraga Kita Hilang...

Oleh : very - Minggu, 10/09/2017 22:59 WIB

Bupati Aswari Rivai. (Foto: ist)

Palembang, INDONEWS.ID - Hari Olahraga Nasional (Haornas) ditetapkan bertepatan dengan hari pemerintah Indonesia menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) perdana, yang berlangsung pada 9-12 September 1948 di Kota Solo, Jawa Tengah.

PON pertama itu diikuti sekitar 600 atlet dari sembilan cabang olahraga, yaitu atletik, lempar cakram, bulu tangkis, sepak bola, tenis, renang, pencak silat, panahan, dan bola basket.

Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-34 tahun ini jatuh pada Sabtu (09/09).

Apa makna Haornas bagi Bupati Lahat Aswari Riva’i?

"Kita siap menang kalau kita berlatih dengan baik dan siap kalah kalau ada lawan yang berlatih lebih baik. Intinya kejujuran dalam olahraga adalah hal utama," ujar Ayah dari Atlet Kempo Indonesia Naurah dan Nayla ini, seperti dikutip Okezone.

Bakal calon Gubernur Sumatera Selatan ini memaknai Haornas dengan jiwa yang tangguh dan sportif.

Pria yang juga mantan atlet kempo itu memberikan saran kepada pemerintah di perayaan Haornas ke-34 kali ini. Dalam memaknai Haornas, pemerintah diimbau serius membina para atlet Indonesia.

Bupati Aswari meminta pemerintah serius memfasilitasi pelatih, menyediakan prasarana, menggelar banyak kejuaraan serta menunjukkan harga diri kepada atlet Indonesia.

"Pemerintah harus serius dalam hal ini, bukan hanya ikut-ikutan bertanding dan berolahraga," kata Aswari.

Aswari menilai para pembina atlet di Indonesia saat ini sangat sedikit yang mempunyai hobi dan mengerti olahraga. "Siapa saja asal ada hubungan dengan kekuasaan menjadi pengurus. Akibatnya marwah olahraga kita hilang," pungkas Aswari. (Very)

 

Artikel Terkait