INDONEWS.ID

  • Rabu, 13/03/2019 13:11 WIB
  • Moeldoko Ajak Petani Berani Mimpi Menjadi Kaya dan Berdaulat

  • Oleh :
    • very
Moeldoko Ajak Petani Berani Mimpi Menjadi Kaya dan Berdaulat
Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko SIP saat memanen padi di Desa Pematang Panjang, Kecamatan Air Putih, Kabutapaten Batubara, Sumatera Utara, Selasa (12/3/2019). (Foto: ist)

Batubara, INDONEWS.ID -- Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko SIP mengajak para  petani, agar bertani tidak sekadar untuk makan, tapi untuk mencari kehidupan yang lebih baik dan semakin kaya.

Hal tersebut disampaikan dalam sesi dialog dengan 300 petani seusai panen raya padi di Desa Pematang Panjang, Kecamatan Air Putih, Kabutapaten Batubara, Sumatera Utara, Selasa (12/3/2019).

Baca juga : JK Negarawan Luwes dan Selalu Menjaga Tali Silaturahim

Selaku Ketua DPN HKTI, Moeldoko akan terus berupaya memberikan edukasi di bidang  pertanian agar sektor pangan ini lebih produktif dan berkembang lagi.

Apalagi perhatian pemerintah sangat besar untuk menjaga kedaulatan pangan melalui langkah-langkah nyata. “Pak Jokowi telah membangun bendungan besar, embung, dan jaringan irigasi tersier. Bahkan jalan-jalan menuju tempat produksi diperbaiki, untuk memberi kemudahan dan mengurangi biaya dalam proses produksi,” paparnya.

Baca juga : Kartelisasi Politik dan Masa Depan Demokrasi Indonesia

Meski demikian, Panglima TNI masa bakti 2013-2015 ini menjelaskan, saat ini masih ada beberapa permasalahan yang menjadi perhatian di bidang pertanian khususnya beras. Di antaranya lahan pertanian yang semakin menyusut, modal, teknologi, manajemen yang belum optimal, persoalan pascapanen dan ketidakstabilan harga. Oleh karenanya, berbagai solusi terus diciptakan guna menyelesaikan berbagai permasalahan diatas. Di antaranya lewat intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian.

Agar petani memperoleh pendapatan dan kehidupan lebih baik, Moeldoko berharap petani berani mengubah mindset dengan berani bermimpi menjadi kaya dan berdaulat.

Baca juga : Jubir Presiden Pastikan Jokowi Hadiri Penutupan Kongres Partai Nasdem

Ia pun menawarkan formula 2M.  “Saya nanti memberikan teknologi Moeldoko yaitu M400, artinya satu malai padi terdapat 400 biji dan M70D yang mana benih ini bisa panen dalam waktu 70 hari,” ungkapnya.

Asisten I Bupati Batubara Iskandar Lubis, S.H. mengucapkan terima kasih kepada Moeldoko dan khususnya kepada Presiden Republik Indonesia karena telah serius memperhatikan nasib para petani.

“Acara panen raya ini bisa menjadi cara kita untuk selalu bersyukur. Sebagaimana yang menjadi harapan kita semua khususnya masyarakat Kabupaten. Batubara terkait swasembada pangan, Presiden Jokowi sudah berupaya memperhatikan nasib kesejahteraan petani sehingga kami patut mengapresiasi kerja Bapak selama ini.”

Dalam tanya jawab, Lugino, seorang petani penangkar benih berharap bisa mendapatkan benih dan mengembangkan benih M400 agar mampu meningkatkan produksi serta memberikan penyuluhan kepada petani penangkar.

Harapan tersebut langsung ditanggapi oleh Moeldoko, “Ke depan kita bisa kerja sama dengan petani penangkar di sini untuk pengembangan bibit M400 & nantinya hasil yang sudah diproduksi akan kami beli kembali,” tegasnya. (Very)

 

Artikel Terkait
JK Negarawan Luwes dan Selalu Menjaga Tali Silaturahim
Kartelisasi Politik dan Masa Depan Demokrasi Indonesia
Jubir Presiden Pastikan Jokowi Hadiri Penutupan Kongres Partai Nasdem
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas