INDONEWS.ID

  • Rabu, 13/03/2019 20:01 WIB
  • LIPI Perkirakan Hasil Pemilu Nanti Tidak Jauh Beda dengan Hasil Survei

  • Oleh :
    • luska
LIPI Perkirakan Hasil Pemilu Nanti Tidak Jauh Beda dengan Hasil Survei
Ilustrasi Pemilu 2019. (Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Hasil survei Konsep Indonesia (Konsepindo) menunjukkan bahwa elektabilitas pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma`ruf masih unggul dengan elektabilitss 54,8% berbanding Prabowo-Sandiaga dengan 34,1% dari basis suara.

Peneliti LIPI Syamsudin Haris memandang hasil survei ini tidak jauh berbeda dari hasil sejumlah lembaga survei lain. Dugaan Syamsudin, hasil pemilu nanti juga tidak jauh berbeda dari temuan survei ini.

Baca juga : Sidang ke 4 Perkara PHPU Digelar Pukul 13.00 WIB

Melihat tren elektabilitas yang masih begitu-gitu aja sejak beberapa bulan terakhir, dan mengingat debat pilpres telah berjalan dua kali, Syamsudin memandang debat sebagai metode kampanye ini tidak terlalu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pergeseran dukungan.

"Debat capres itu tidak banyak mengubah peta elektabilitas paslon secara signifikan. Jadi, pola pilihan pemilih kita sudah terbentuk sedemikian rupa sehingga agak sulit untuk diubah," tutur Syamsudin di Millennium Hotel, Jakarta Pusat, Rabu (13/3/2019)

Baca juga : Survei SMRC: 68 Persen Responden Percaya Pemilu 2019 Berlangsung Jurdil

Lembaga survei Konsep Indonesia (Konsepindo) merilis dari hasil survei pasangan capres dan cawapres periden 2019 - 2024 menerangkan elektabilitas Joko Widodo-Ma`ruf Amin lebih unggul dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dalam melakukan survei tersebut Konsepindo memakai dua metode survei, yakni pertama dengan pertanyaan terbuka atau top of mind. Hasilnya, Jokowi-Ma`ruf mendapat 55 persen dukungan, sedangkan Prabowo-Sandiaga mendapat 33,2 persen. Sementara itu yang tidak menjawab sebesar 11, 8 persen.

Baca juga : PERTIWI Apresiasi KPPS dan Peran Serta Warga dalam Pemilu 2019

Sedangkan metode kedua melalui simulasi kertas suara. Hasilnya, capres nomor urut 01 mendapat dukungan lebih menurun sedikit dari metode awal, sebesar 54 persen, sedangkan Prabowo-Sandiaga mendapat dukungan sebesar 34,1 persen. Sementara itu yang tidka menjawab sebesar 11,1 persen.

Survei itu dilakukan sejak 17 hingga 24 Februari 2019 di 34 provinsi di Indonesia. Adapun masyarakat yang berpartisipasi pada survei tersebut ialah sebanyak 1.200 responden. Margin of error survei di atas kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (Lka)

Artikel Terkait
Sidang ke 4 Perkara PHPU Digelar Pukul 13.00 WIB
Survei SMRC: 68 Persen Responden Percaya Pemilu 2019 Berlangsung Jurdil
PERTIWI Apresiasi KPPS dan Peran Serta Warga dalam Pemilu 2019
Artikel Terkini
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Satgas BLBI Tagih dan Sita Aset Pribadi Tanpa Putusan Hukum
Gelar Rapat Koordinasi Nasional, Pemerintah Lanjutkan Rencana Aksi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan
Pj Bupati Maybrat Diterima Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kapasitas SDM Usaha Mikro
Pj Bupati Maybrat Temui Tiga Jenderal Bintang 3 di Kemenhan, Bahas Ketahanan Pangan dan Keamanan Kabupaten Maybrat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas