INDONEWS.ID

  • Kamis, 04/04/2019 20:40 WIB
  • Bakamla Bahas Kesiapan Untuk Wujudkan Keamanan dan Keselamatan Laut Indonesia

  • Oleh :
    • hendro
Bakamla Bahas Kesiapan Untuk Wujudkan Keamanan dan Keselamatan Laut Indonesia
Kegiatan Pra Rapat Kerja I, di Aula Markas Besar Bakamla RI

Jakarta, INDONEWS.ID - Perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi dan terpadu adalah kunci untuk mencapai efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program. 

Hal itu dikatakan Plt. Sekretaris Utama Bakamla Laksma Bakamla Eko Jokowiyono, S.E., M.Si. yang sehari-hari juga menjabat sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi, dalam sambutannya pada kegiatan Pra Rapat Kerja I, di Aula Markas Besar Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No.56, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2019).

Baca juga : BNPP Bersama K/L Susun Bahan Masukan Renaksi Tahun 2025 Terkait Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Laut

Lebih lanjut dikatakannya bahwa keterpaduan itulah yang memungkinkan untuk tercapainya sasaran dan manfaat pembangunan. Kegiatan ini sendiri merupakan tahap awal yang dilakukan sebelum dilaksanakannya Rapat Kerja (Raker) Tahun 2019 pada 23 April mendatang, dengan mengangkat tema, “Melalui rapat kerja, kita tingkatkan sinergitas dan kesiapan Bakamla dalam rangka mewujudkan Keamanan dan Keselamatan Laut Indonesia. 

Tujuan Pra Raker I adalah untuk mempersiapkan hal-hal yang akan dibahas dan diputuskan dalam Raker. Agenda Pra Raker I dimulai dengan diskusi  tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) serta menggali dan membahas permasalahan yang ada. Adapun penyelenggaraan Raker nanti dimaksudkan untuk menyelaraskan pemahaman tentang Rancangan RPJM IV dan mengharmonisasikan penyusunan sasaran strategis serta indikator kinerja utama Bakamla TA 2020-2024 sebagai upaya meningkatkan sinergitas dan kesiapan Bakamla.

Baca juga : Kemenangan Prabowo-Gibran Peluang Bagi Pengembangan Ekonomi Kelautan dan Konektivitas Antarpulau

Dikatakan pula oleh Laksma Eko bahwa Pra Raker I melibatkan seluruh pimpinan Bakamla untuk menyusun dokumen perencanaan dan penganggaran tahun 2020 sekaligus dokumen RPJM 2020-2024.

Untuk memberikan pemahaman tentang isu strategis keamanan dan keselamatan laut Indonesia, dihadirkan nara sumber dari Bappenas yaitu Plt. Kasubdit Keamanan dan Ketertiban Maharani Putri SW, dan Kabid Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan I-1 Gempar Ganefianto, S.E dari Kemenpan RB.

Baca juga : Pj Bupati Maybrat Bertemu Aliansi Honorer Daerah, Bahas Status Kepegawaian

Selanjutnya, agar proses pembahasan lebih terarah, dibentuk 5 komite yang membidangi 5 sektor yaitu sector kebijakan nasional, sistem peringatan dini, operasi dan penegakan hukum, sarana dan prasarana, dan terakhir sektor kelembagaan dan sumber daya manusia.

Kegiatan semakin alot saat pelaksanaan Focus Group Discussion, ketika para peserta memberikan sumbangsih masukan dan saran untuk tersusunnya Rencana Kerja Bakamla TA 2020 dan Rencana Strategis Bakamla tahun 2020-2024.

Artikel Terkait
BNPP Bersama K/L Susun Bahan Masukan Renaksi Tahun 2025 Terkait Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Laut
Kemenangan Prabowo-Gibran Peluang Bagi Pengembangan Ekonomi Kelautan dan Konektivitas Antarpulau
Pj Bupati Maybrat Bertemu Aliansi Honorer Daerah, Bahas Status Kepegawaian
Artikel Terkini
Tanggapi Tuduhan Ade Pencuri, Lawyer Gaul: gak Cocok sama Faktanya
Terus Bermanuver Menuju Pilkada NTT, Cagub Ardy Mbalembout dan Irjen Jonny Asadoma Gelar Pertemuan Tertutup di Jakarta
Tamini Square Gelar Festival Soto dan Masakan Nusantara
Dituduh Curi Iphone, Ade Laporkan AA ke Polres Jaksel
PNM Terus Bekali Nasabah dengan Teknologi Digital
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas