INDONEWS.ID

  • Selasa, 02/06/2020 12:30 WIB
  • GAMKI Laksanakan Layanan Konseling Psikologis Membantu Warga Terdampak Covid-19

  • Oleh :
    • Mancik
GAMKI Laksanakan Layanan Konseling Psikologis Membantu Warga Terdampak Covid-19
Layanan Konseling GAMKI.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia melaksanakan Layanan Konseling Psikologis untuk masyarakat yang terdampak Covid-19.

Layanan Konseling secara online ini dilaksanakan pada hari Sabtu (30/5/2020) dengan konselor adalah Psikolog Afrizal Kehi, dan dimoderatori oleh Christina Widiastuti yang merupakan mahasiswa Magister Profesi Psikologi UNIKA Soegijapranata.

Baca juga : Laporkan Jokowi ke Bawaslu, DPP GAMKI Akan Tindak Tegas Oknum yang Catut Nama Organisasi

Layanan konseling psikologis ini rencananya rutin dilakukan seminggu sekali, dan dapat diikuti oleh siapa saja. Para Psikolog akan hadir secara sukarela untuk membantu warga yang membutuhkan.

Psikolog Afrizal Kehi yang menjadi konselor psikologis menceritakan tentang proses sesi konseling yang mengalir dan terasa sangat cair.

Baca juga : Bentuk Kader yang Mampu Jaga Nilai Kebangsaan, GAMKI Gelar Latihan Dasar Brigade Serba Guna

"Tidak ada materi spesifik yang dibahas. Kebutuhan peserta bervariasi dan dengan konsep konseling kelompok, setiap peserta berbagi cerita masing-masing. Beberapa peserta mengangkat cerita tentang sexual harrasment, isu LGBT yang dialami, serta kecemasan-kecemasan yang dirasakan terutama di masa pandemi Covid-19 ini," jelas psikolog yang biasa disapa Rizal ini.

Moderator konseling psikologis, Christina Widiastuti menyampaikan bahwa kegiatan konseling berjalan menarik, dan harapannya bisa membawa dampak positif di masyarakat.

Baca juga : Menko Airlangga: Pandemi Covid-19 Sadarkan Pentingnya Kemandirian Sektor Kesehatan dan Penyediaan Sarana dan Prasarana Kesehatan

Selain itu, berjalannya kegiatan konseling ini juga sebagai pesan kepada pemerintah dan masyarakat untuk lebih peduli terhadap isu kesehatan mental.

"Pada kesempatan ini ada hal yang menarik bahwa yang bisa konsultasi ke psikolog itu tidak hanya untuk orang-orang dengan gangguan berat saja, tapi boleh juga untuk orang-orang yang merasa butuh pertolongan di saat merasa ada sesuatu yang terganggu pada dirinya, khususnya aspek psikologis. Jadi tidak usah malu untuk datang ke psikolog, karena semua orang berhak untuk mencari pertolongan untuk dirinya," kata Christina.

Selama masa pandemi Covid-19, Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) hadir melalui program Empat Aksi Solidaritas GAMKI untuk Indonesia Sehat dari Covid-19.

Selain Layanan Konseling, GAMKI juga membentuk Dapur Umum yang menyediakan makanan bersih dan sehat untuk masyarakat kurang mampu serta melakukan pembagian sembako kepada warga yang membutuhkan.

GAMKI juga membentuk Relawan Pemuda Untuk Desa Siaga Covid-19 yang bertujuan memberikan layanan pengaduan dan edukasi tentang pencegahan Covid-19 serta membantu ketahanan pangan di tengah masyarakat desa.

Koordinator Program Layanan Konseling, Theo Surbakti menjelaskan alasan dilakukannya program Layanan Konseling terhadap masyarakat Indonesia terdampak Covid-19.

"Permasalahan multidimensional yang timbul selama penyebaran Covid-19 menyebabkan orang-orang menjadi stres dan cenderung terbatas dalam interaksi sosialnya padahal manusia adalah makhluk sosial. Ada banyak orang yang memiliki kerinduan untuk saling berkumpul, beribadah, ataupun berbagi permasalahan pribadinya di masa isolasi ini. Melalui layanan konseling ini, kami memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk berbagi dan menceritakan persoalan hidup mereka," jelas Theo yang juga merupakan Ketua DPP GAMKI Bidang Inovasi dan Transformasi Digital.*

 

 

Artikel Terkait
Laporkan Jokowi ke Bawaslu, DPP GAMKI Akan Tindak Tegas Oknum yang Catut Nama Organisasi
Bentuk Kader yang Mampu Jaga Nilai Kebangsaan, GAMKI Gelar Latihan Dasar Brigade Serba Guna
Menko Airlangga: Pandemi Covid-19 Sadarkan Pentingnya Kemandirian Sektor Kesehatan dan Penyediaan Sarana dan Prasarana Kesehatan
Artikel Terkini
Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel
Cegah Perang yang Lebih Besar, Hikmahanto Sarankan Menlu Retno untuk Telepon Menlu Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
Menakar Perayaan Idulfitri dengan Kearifan Lokal Secara Proporsional
Pj Bupati Maybrat Sidak Kantor Distrik Ayamaru Jaya, Ini yng Dijumpai
Bahas Inklusivitas Keuangan hingga Stabilitas Geopolitik, Menko Airlangga Berbincang Hangat dengan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas