INDONEWS.ID

  • Selasa, 05/01/2021 16:59 WIB
  • Jokowi Sebut 15 Juta Bahan Baku Vaksin Covid-19 Segera Tiba di RI

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Jokowi Sebut 15 Juta Bahan Baku Vaksin Covid-19 Segera Tiba di RI
Presiden Jokowi

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan sebanyak 15 juta bahan baku Vaksin Covid-19 akan tiba di Indonesia pekan depan. Nantinya, bahan baku tersebut akan diproses oleh PT Bio Farma (Persero).

"Insya Allah minggu depan juga akan datang lagi 15 juta vaksin dalam bentuk bahan baku, bulk, yang nanti akan diproduksi oleh Bio Farma, sehingga juga langsung nanti jadi kirim ke daerah lagi untuk vaksinasi," ucapnya dalam acara penyerahan sertifikat tanah di Istana Negara, Jakarta, Selasa (5/1/2021).

Baca juga : Ceritakan Kreativitas Nasabah PNM Mekaar, Jokowi Puji Kerupuk "Mama Muda"

Menurut Jokowi, penerima vaksin prioritas adalah tenaga kesehatan seperti dokter, perawat yang ada di rumah sakit, pekerja publik seperti TNI, Polri, hingga guru. Setelah itu, baru masyarakat umum.

Kita berharap dengan dimulainya vaksinasi ini, kita akan bisa menangani dan mengendalikan covid, tetapi saya tetap titip kepada kita semuanya untuk menyampaikan juga ke saudara dan tetangga kita, rekan-rekan kita, kawan-kawan kita, meskipun vaksinasi Minggu depan sudah dimulai, saya minta untuk tetap kita waspada," jelasnya.

Baca juga : Presiden Jokowi Bertemu Ribuan Nasabah Mekaar di Makassar

Waspada dimaksud adalah penyebaran Corona (Covid-19) belum usai. Karena itu, disiplin terhadap protokol kesehatan adalah hal mutlak yang harus tetap dilakukan masyarakat.

"Tidak lengah, disiplin terhadap protokol kesehatan pakai masker cuci tangan, tidak ke tempat-tempat kerumunan, jaga jarak karena kuncinya ada di situ. Sampai nanti vaksinasi ini selesai," jelasnya.

Baca juga : Presiden Jokowi Dorong Penguatan Integrasi Ekonomi, Percepatan Transisi Energi dan Transformasi Digital dalam KTT Khusus ASEAN-Australia

Jokowi berujar, vaksin Covid-19 sudah didistribusikan ke 34 provinsi sejak dua hari lalu. Adapun jumlah vaksin yang dikirim tersebut sebanyak 700.000.

Menurut Jokowi, jumlah vaksin corona yang dikirim ke daerah akan bertambah. Pada waktu selanjutnya akan dikirimkan lagi. Saat ini pemerintah punya stok vaksin sebanyak 3 juta.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan vaksinasi virus corona di seluruh dunia diperkirakan selesai selama 3,5 tahun. Namun ia yakin vaksinasi Covid-19 di Indonesia akan selesai lebih cepat dari target yang diungkapkan Menkes Budi Sadikin.

Budi Sadikin diketahui menargetkan proses vaksinasi Covid-19 untuk 181,5 juta rakyat Indonesia bisa selesai 15 bulan. Namun target tersebut ditawar oleh Jokowi. Kepala Negara meminta agar proses tersebut rampung kurang dari setahun.*

Artikel Terkait
Ceritakan Kreativitas Nasabah PNM Mekaar, Jokowi Puji Kerupuk "Mama Muda"
Presiden Jokowi Bertemu Ribuan Nasabah Mekaar di Makassar
Presiden Jokowi Dorong Penguatan Integrasi Ekonomi, Percepatan Transisi Energi dan Transformasi Digital dalam KTT Khusus ASEAN-Australia
Artikel Terkini
Pimpin Peringatan Hari Otonomi Daerah, Mendagri Tekankan soal Pembangunan Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau
PTPN IV Regional 4 Latih 20 Petugas PSR
Pj Bupati Maybrat hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024
Mendagri Ingatkan Pemda Terus Jaga Inflasi di Tengah Instabilitas Global
Buka SPM Awards 2024, Wamendagri Dorong Pemda Berikan Pelayanan Optimal bagi Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas