INDONEWS.ID

  • Rabu, 07/04/2021 15:37 WIB
  • Kompetisi TNI AL Maritime Hackathon 2021 Masuk MURI

  • Oleh :
    • luska
Kompetisi TNI AL Maritime Hackathon 2021 Masuk MURI

Jakarta, INDONEWS.ID -- Kompetisi Pembinaan Pembentukan Karakter Maritim (PPKM)- Maritime Hackathon 2021 yang digelar TNI Angkatan Laut bekerja sama  denganTelkom University dan TemanSiswa.com mendapat penghargaan MURI (Museum Rekor Indonesia) kategori kompetisi Hackathon pertama di atas kapal perang. Penghargaan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Direktur Operasi MURI  Jusuf Ngadir kepada Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M, Selasa (6/4) kemarin bertempat di Kapal perang KRI Usman Harun-359 yang sandar di Jakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Selasa (6/4).

Penghargaan ini diserahkan pada kegiatan babak  final Maritime Hackathon 2021  yang diikuti 10 peserta terbaik dari 100 tim yang berlaga berasal dari berbagai unsur masyarakat seperti pelajar, mahasiswa, dan profesional dari berbagai daerah se-Indonesia. Dalam proses seleksi   setelah melalui tahap verifikasi  meloloskan 89 peserta dalam semi final, selanjutnya terpilih 10 peserta dan dimulai sejak  18 Februari 2021 lalu.

Baca juga : Ngatawi Al Zastrow: Sunan Muria, Salah Satu Wali yang Ajarkan Menjaga Alam

Setelah melalui proses penjurian dari akademisi, praktisi industri IT, dan anggota TNI AL diputuskan para pemenang sebagai berikut: juara pertama tim Gaspol dengan karya Fismart,  juara kedua tim Chi Square dengan karya SEAPORT (Smart Integrated System for Maritime Report), juara ketiga  tim Garamin dengan karya Garamin. Sedangkan harapan I diraih tim Kojor dengan karya Ekan sebagai perencanaan kontingensi terbaik; harapan II tim Ceria dengan karya Terasera sebagai dampak ekonomi terbaik dan harapan III tim GeoLabX dengan karya USV Sea Sensor Monitoring sebagai optimalisai hardware terbaik. Pada kesempatan ini para pemenang mendapatkan hadiah langsung dari Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.

Wakasal dalam sambutannya membacakan amanat Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., antara lain mengatakan  bahwa  TNI AL  telah memfasilitasi penyelenggaraan acara bertemakan kemaritiman sebagai pengejawantahan dari arah kebijakan pemerintah berkaitan dengan pengelolaan sumber daya nasional untuk kepentingan pertahanan negara agar dapat menciptakan masyarakat yang berkarakter maritim sebagai benih terbentuknya komponen cadangan dan komponen pendukung pertahanan negara.

Baca juga : Mantan Sekjen GMNI Kecam Pernyataan Anggota Komisi V DPR RI yang Remehkan Pariwisata NTT

Kegiatan PPKM-Maritime Hackathon ini diselenggarakan  Dinas Pembinaan Potensi Maritim TNI AL (Dispotmaral) bekerjasama dengan Telkom University dan TemanSiswa.com sebagai wujud pembinaan potensi masyarakat guna meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dengan berbagai komponen masyarakat sehingga outputnya secara strategis bisa membentuk karakter maritim anak bangsa. (Lka)

 

Baca juga : Pembelajaran Tatap Muka Harus Utamakan Keselamatan Murid dari Covid-19
Artikel Terkait
Ngatawi Al Zastrow: Sunan Muria, Salah Satu Wali yang Ajarkan Menjaga Alam
Mantan Sekjen GMNI Kecam Pernyataan Anggota Komisi V DPR RI yang Remehkan Pariwisata NTT
Pembelajaran Tatap Muka Harus Utamakan Keselamatan Murid dari Covid-19
Artikel Terkini
Perlu Penindakan Tegas Terhadap Kejahatan Penggunaan Alat Rapid Tes Bekas
TNI AL Selamatkan 27 ABK KM Sinar Mas yang Alami Kebakaran
KPK: Pembebastugasan 75 Pegawai Tidak Ganggu Kinerja
Kerap Banjir, LaNyalla Desak Proyek KIT Batang Dievaluasi
Kutuk Serangan Israel, Presiden Jokowi: Agresi Harus Dihentikan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas