INDONEWS.ID

  • Senin, 12/07/2021 15:23 WIB
  • KOLINLAMIL SIAP OPERASIKAN KAPAL PERANG BARU KRI TELUK YOUTEFA

  • Oleh :
    • luska
KOLINLAMIL SIAP OPERASIKAN KAPAL PERANG BARU KRI TELUK YOUTEFA

Jakarta, INDONEWS.ID - Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) siap mengoperasikan KRI Teluk Youtefa 522 yang diresmikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono di Dermaga Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (12/7). 

Setelah sebelumnya dilakukan serah terima kapal dari PT Daya Radar Utama kepada TNI AL yang diwakili Asisten Logistik Kasal Laksda TNI Puguh Santoso dan diserahkan kepada Panglima Kolinlamil Laksda TNI Arsyad Abdullah.

Baca juga : Kolinlamil dan Pemda Kota Jakut Gelar Karya Bhakti TNI, Aksi Mitigasi Bencana Rob Pesisir Jakarta

Pada kesempatan itu, Kasal juga mengukuhkan Letkol Laut (P) I Nyoman Armenthia W. sebagai komandan kapal pertama yang akan bertugas di jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil). 

“Hari ini kita telah melaksanakan serah terima KRI Teluk Youtefa-522 kemudian peresmian KRI dan juga pengukuhan komandan KRI Teluk Youtefa-522,” kata Kasal kepada awak media. 

Baca juga : Antisipasi Rob di Jakarta Utara, Kolinlamil Gelar Karya Bhakti TNI

Sebagai salah satu alutsista TNI AL terbaru, KRI Teluk Youtefa - 522 akan bertugas di jajaran Kolinlamil melaksanakan tugas operasi angkutan laut militer dalam Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). 

“KRI  Teluk  Youtefa - 522  memiliki  fungsi  asasi  sebagai  kapal  angkut  tank,  tugas  pokok  kapal  angkut  tank. Nantinya bisa mengganti kapal-kapal angkut tank yang umurnya yang sudah lanjut,” kata Kasal. 

Baca juga : Kolinlamil TNI AL Capai 2500 Dosis Serbuan Vaksin Maritim di Dua Desa Kabupaten Subang

KRI Teluk Youtefa-522 dirancang mengangkut MBT (Main Battle Tank) jenis Leopard milik TNI AD dan tank BMP-3F milik Marinir itu akan berada di jajaran Kolinlamil. 

“Dalam situasi damai bisa untuk latihan bisa untuk angkut pasukan di wilayah Barat maupun wilayah Timur,” ungkap Laksamana TNI Yudo Margono. 

Kapal produksi dalam negeri di PT. Daya Radar Utama (DRU) di Srengsem, Panjang, Bandar Lampung itu diharapkan dapat membantu tugas pokok TNI AL menjaga wilayah maritim Indonesia. 

“Khususnya operasi gabungan yaitu operasi amfibi maupun operasi pendaratan administrasi. Sehingga bisa mengangkut pasukan maupun mengangkut tank leopard maupun tank amfibi,” ujar orang nomor satu TNI AL ini. 

Adapun nama KRI Teluk Youtefa-522 yang diambil dari nama teluk di Jayapura, Papua dan berjenis Landing Ship Tank (LST) itu bisa menampung 360 prajurit dan 120 personel anak buah kapal (ABK). 
KRI  Teluk  Youtefa - 522  memiliki  panjang  120  meter,  lebar  18  meter,  draft  3  meter  (full  load)  dengan  bobot  4508  ton. 

KRI  Teluk  Youtefa - 522  memiliki  kecepatan  maksimum  16  knots,  kecepatan  jelajah  14,8   knots   dan   kecepatan   ekonomis   13,6   knots   dengan   kemampuan   jelajah  sejauh  7200  nautical  miles serta  mampu  berlayar    20  hari  dengan   menggunakan   dua   mesin   stx-man   diesel   4.320   KW.   KRI   Teluk   Youtefa  522 dapat mengangkut 10 unit tank leopard, 1 unit panser 2 AVBL, 1 unit transporter, 2 unit helikopte.).

Artikel Terkait
Kolinlamil dan Pemda Kota Jakut Gelar Karya Bhakti TNI, Aksi Mitigasi Bencana Rob Pesisir Jakarta
Antisipasi Rob di Jakarta Utara, Kolinlamil Gelar Karya Bhakti TNI
Kolinlamil TNI AL Capai 2500 Dosis Serbuan Vaksin Maritim di Dua Desa Kabupaten Subang
Artikel Terkini
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tumbuh Untuk Menginspirasi: PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan Digital Serta Kegiatan Tanggung Jawab Sosial
Strategi Sukses dalam Mengimplementasikan HRIS di Perusahaan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas