INDONEWS.ID

  • Rabu, 08/09/2021 17:26 WIB
  • Kasal Berangkatkan Satgas Covid-19 ke Papua, Gunakan Pesawat TNI AU

  • Oleh :
    • luska
Kasal Berangkatkan Satgas Covid-19 ke Papua, Gunakan Pesawat TNI AU

Jakarta, INDONEWS.ID - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., memberangkatkan Satuan Tugas (Satgas) Covid 19 Papua Tahun 2021 dari Jakarta menuju Papua dengan menggunakan pesawat Hercules TNI AU dari  Appron V4 Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Rabu (8/9).

Satgas beranggotakan 81 orang yang terdiri dari 50 Tenaga Kesehatan (Nakes) TNI AL, 20 Nakes IPDN dan para sukarelawan beserta kelengkapan maupun logistik kesehatan dikirim untuk memperkuat tenaga kesehatan yang telah bertugas baik dari TNI, Polri, Dinas Kesehatan maupun IPDN dalam serbuan vaksinasi di Papua khususnya masyarakat Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom.

Baca juga : Inilah Kotama TNI AL Yang Melaju Ke Babak Semi Final Porwilbar 2023

Selain itu, TNI AL juga memberangkatkan KRI dr. Soeharso yang saat ini masih dalam perjalanan selama kurang lebih dua hari akan tiba di Papua, sehingga nantinya dapat digunakan sebagai tempat evakuasi medis apabila terjadi sesuatu sekaligus juga menjadi tempat vaksinasi. 

Kasal dihadapan awak media menyampaikan bahwa saat ini pemerintah bersama-sama seluruh lapisan masyarakat terus berupaya menekan penyebaran Covid-19 dengan cara meningkatkan ketersediaan vaksin untuk seluruh masyarakat Indonesia. Vaksinasi merupakan salah satu cara yang paling efektif guna memutus rantai penularan Covid-19 dengan demikian, percepatan dan peningkatan intensitas program vaksinasi massal di seluruh provinsi menjadi prioritas pemerintah saat ini yang perlu di dukung semaksimal mungkin. 

Baca juga : Tingkatkan Kerja Sama Dua Negara, Kasal Terima Kunjungan Komandan Korps Marinir Korea Selatan

Serbuan vaksinasi TNI-Polri ditujukan untuk mempercepat pencapaian herd immunity menuju Indonesia yang sehat dan bebas dari Covid-19. Selain itu, vaksinasi sangat bermanfaat untuk melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, menjaga produktivitas dan mengurangi dampak sosial dan ekonomi terhadap masyarakat Papua. “Hal ini telah menjadi atensi sekaligus arahan Bapak Presiden RI yang menghendaki bahwa 70% masyarakat di Provinsi Papua sudah divaksin pada bulan September 2021. Sementara sampai saat ini yang sudah tervaksin baru 15%”, ungkap Kasal.

Kasal juga menyampaikan bahwa pelepasan tim dokter dan tenaga kesehatan ke Papua ini sebagai bentuk dukungan TNI terhadap komitmen pemerintah dalam rangka mempersiapkan masyarakat Papua untuk menggelar PON XX Papua 2021 dengan tagline atau tema “torang bisa”. “Saya berharap agar kegiatan ini dapat memberikan dampak nyata yang bernilai sebagai bentuk pengabdian TNI yang dapat menyentuh hati masyarakat Papua sebagai satu bangsa yang utuh dalam kerangka NKRI, kita semua harus dan pasti bisa mengatasi segala tantangan dan persoalan yang dihadapi saat ini secara bersama”, ujar Kasal optimis.

Baca juga : Tingkatkan Kerja Sama Dua Negara, Kasal Kunjungi Industri Kapal Perang Turki

Kegiatan ini turut dihadiri Para Asisten Panglima TNI, Kapuskes TNI, para Asisten Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), para Asisten Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), para Asisten Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Rektor IPDN, para pejabat TNI AL dan undangan lainnya. (Lka)

 

Artikel Terkait
Inilah Kotama TNI AL Yang Melaju Ke Babak Semi Final Porwilbar 2023
Tingkatkan Kerja Sama Dua Negara, Kasal Terima Kunjungan Komandan Korps Marinir Korea Selatan
Tingkatkan Kerja Sama Dua Negara, Kasal Kunjungi Industri Kapal Perang Turki
Artikel Terkini
Terus Bermanuver Menuju Pilkada NTT, Cagub Ardy Mbalembout dan Irjen Jonny Asadoma Gelar Pertemuan Tertutup di Jakarta
Tamini Square Gelar Festival Soto dan Masakan Nusantara
Dituduh Curi Iphone, Ade Laporkan AA ke Polres Jaksel
PNM Terus Bekali Nasabah dengan Teknologi Digital
Hari Ulang Tahun ke 15 Kabupaten Maybrat Diwarnai Peluncuran Program PAITUA
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas