INDONEWS.ID

  • Kamis, 21/10/2021 15:31 WIB
  • Kisah Nasabah Inspiratif PNM, Husnul Khotimah Jaga Lingkungan Sekaligus Hidupkan UMKM

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Kisah Nasabah Inspiratif PNM, Husnul Khotimah Jaga Lingkungan Sekaligus Hidupkan UMKM
Nasabah Inspiratif PNM, Husnul Khotimah di depan usahanya (Foto: PNM)

Pasuruan, INDONEWS.ID - Ibu Husnul Khotimah adalah salah satu dari nasabah PT Permodalan Nasional Madani atau PNM Program Mekaar yang tinggal di Pasuruan selama hidupnya.

Perempuan berumur 44 tahun ini adalah seorang pengrajin bubu atau alat tangkap kepiting dengan memanfaatkan barang bekas. Ibu Husnul mengaku terpacu berbisnis menggunakan barang bekas untuk mengurangi pencemaran akibat sampah, menghemat energi, dan menjaga sumber daya alam.

Baca juga : Nasabah Inspiratif PNM, Kisah Ibu Beri Kebahagiaan untuk Anaknya

"Selain untuk memperbaiki ekonomi keluarga saya, saya juga ingin memanfaatkan sampah yang ada di lingkungan sekitar. Saya juga bercita-cita untuk membantu ekonomi keluarga tetangga-tetangga saya. Hal ini membuat saya semangat setiap hari,” kata Ibu Husnul

Selain berfungsi untuk menangkap kepiting, Ibu Husnul juga menjelaskan bubu juga bisa dimanfaatkan untuk menangkap udang dan rajungan. Alat tangkap tersebut dibuat oleh dirinya sendiri.

Baca juga : Nasabah Inspiratif! Semangat Sekolahkan Anak, Ibu Ini Tambah Usaha

Awal bisnis berdiri, Ibu Husnul bercerita terus belajar, mencari informasi dan terus mencoba, dan pada akhirnya jadi bubu yang Ibu Husnul impikan. Bubu berbahan baku kawat alumunium yang berfungsi sebagai kerangka pembentuk bubu dan paranet hitam atau jaring plastik.

Ibu Husnul memanfaatkan kawat dan paranet bekas, setelah itu sisanya Ibu Husnul membeli kawat pengikat untuk menjahit jaring agar bisa menempel kuat pada kawat.

Baca juga : Nasabah Inspiratif, Usaha Ibu Nilawati Catatkan Pendapatan hingga Rp2 Jutaan Per Hari

Ibu Husnul pada tahun 2018 bergabung di PNM Mekaar dengan pembiayaan awal Rp 2 juta, setelah 3 tahun berjalan Ibu Husnul sudah memiliki 12 yang bekerja di rumahnya, dan beberapa karyawan yang menjahit jaring bekerja di rumah masing masing agar sesuai protokol kesehatan.

Karyawan Ibu Husnul juga sesuai dengan impiannya, adalah warga sekitar rumahnya yang tidak memiliki pekerjaan sebelumnya yang tidak memiliki pekerjaan sebelumnya.

Hingga saat ini, pengiriman bubu milik Ibu Husnul tidak hanya di dalam kota, namun sampai dengan pengiriman ke Mataram, Tegal, Makassar dan daerah lainnya.

“Terima kasih PNM Mekaar, selain dapat menambah penghasilan dan memperbaiki keadaan ekonomi keluarga saya, saya juga dapat ikut andil untuk menjaga lingkungan. Saya juga merasa senang dan bersyukur karena bisa turut membantu roda perekonomian UMKM,” ujar Ibu Husnul.*

Artikel Terkait
Nasabah Inspiratif PNM, Kisah Ibu Beri Kebahagiaan untuk Anaknya
Nasabah Inspiratif! Semangat Sekolahkan Anak, Ibu Ini Tambah Usaha
Nasabah Inspiratif, Usaha Ibu Nilawati Catatkan Pendapatan hingga Rp2 Jutaan Per Hari
Artikel Terkini
Umumkan Rencana Kedatangan Paus Fransiskus, Menteri Agama Dukung Penuh Pengurus LP3KN
Mendagri Tito Lantik Sekretaris BNPP Zudan Arif Fakrulloh Jadi Pj Gubernur Sulsel
Perayaan puncak HUT DEKRANAS
Kemendagri Tekankan Peran Penting Sekretaris DPRD Jaga Hubungan Harmonis Legislatif dengan Kepala Daerah
LPER Dilibatkan BNPT Berikan Kuliah Umum Kepada Peserta Didik di Penajam, dan Kutai Kertanegara, Kaltim
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas