INDONEWS.ID

  • Jum'at, 18/03/2022 16:43 WIB
  • Cek ke Jatim, Dukcapil Kemendagri Ingin Pastikan Layanan Identitas Digital SIAK Terpusat Berjalan Baik

  • Oleh :
    • luska
Cek ke Jatim, Dukcapil Kemendagri Ingin Pastikan Layanan Identitas Digital SIAK Terpusat Berjalan Baik

Jakarta, INDONEWS.ID - Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh melakukan kunjungan mengecek  ke sejumlah Dinas Dukcapil di Jawa Timur, Kamis (17/3/2022). 

Diantaranya adalah kantor Dinas Dukcapil Kota Surabaya di Gedung Siola, Panti Dinas Sosial Kota Surabaya, Kantor Dinas Dukcapil Kota Mojokerto di MPP Kota Mojokerto dan Kantor Dinas Dukcapil Kab. Mojokerto.

Baca juga : Kemendagri Sosialisasikan UU Nomor 3 Tahun 2024 tentang Desa

“Dalam kunjungan kerja dimaksud, kami melakukan peninjauan pelayanan Adminduk dan mengecek kesiapan daerah dalam pelaksanaan Layanan Identitas Digital SIAK Terpusat  dan memastikan layanan adminduk berjalan baik, termasuk pendataan orang terlantar dan ODGJ,” ujar Zudan. 

Dalam kunjungan tersebut, Zudan didampingi Walikota Surabaya, Bupati Mojokerto dan Asisten 1 Kota Mojokerto dan para Kadisdukcapil. Zudan meminta agar pelayanan Dukcapil harus cepat, mudah dan gratis. 

Baca juga : Kendalikan Inflasi, Kemendagri Harap Pemda Susun Perencanaan Gerakan Menanam dengan Baik

“Dukcapil harus bisa memberikan pelayanan jemput bola kepada penyandang disabilitas. Tentu ini membutuhkan kesabaran dan ketelitian karena banyak ODGJ yang memberikan informasi tentang dirinya yang sering berubah ubah". katanya.

Tak sampai di situ, Zudan juga meminta pelayanan Dukcapil harus bergerak menuju inovasi dari Manual ke Digital, sehingga hal ini harus sudah segera disiapkan segala kesiapan migrasi tersebut.

Baca juga : Kemendagri Dorong Konsistensi Penerapan Standar Pelayanan Minimal di Lingkungan Pemerintah Daerah

“Memberikan motivasi kepada pegawai Dukcapil agar pelayanan yang dilakukan Dinas Dukcapil lebih berkualitas,” tegas Zudan mengakhiri arahannya.

Kunker ini dilakukan sebagai upaya untuk melaksanakan amanat Mendagri Muhammad Tito Karnavian untuk mewujudkan pelayanan yang mudah, cepat, gratis sehingga budaya sadar administrasi kependudukan bisa terwujud. (Lka)

 

Artikel Terkait
Kemendagri Sosialisasikan UU Nomor 3 Tahun 2024 tentang Desa
Kendalikan Inflasi, Kemendagri Harap Pemda Susun Perencanaan Gerakan Menanam dengan Baik
Kemendagri Dorong Konsistensi Penerapan Standar Pelayanan Minimal di Lingkungan Pemerintah Daerah
Artikel Terkini
Asisten II Setda Kabupaten Maybrat Engelbertus Turot: Pemda Maybrat Cari Solusi Atasi Semua Hak ASN
Terima Barang Milik Negara dengan Direktorat Jenderal Perumahan Kemen PUPR
Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah Kecam Pelarangan Ibadah di Tangerang
Pembubaran Ibadah Mahasiswa Katolik UNPAM, Bangun Ekosistem Toleransi Harus Jadi Perhatian Bersama
Mandiri Utama Finance Gelar MUF Auto Fest 2024 Fasilitasi Masyarakat Indonesia Miliki Kendaraan Impian
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas