INDONEWS.ID

  • Rabu, 17/08/2022 13:09 WIB
  • Peringati HUT ke-77 RI, Warga Sawahan Jogja Serukan Pentingnya Toleransi dan Persatuan

  • Oleh :
    • Mancik
Peringati HUT ke-77 RI, Warga Sawahan Jogja Serukan Pentingnya Toleransi dan Persatuan
Apel peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77 di dusun Sawahan, Kelurahan Srihardono, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.(Foto:Istimewa)

INDONEWS.ID - Forum Pemuda Sawahan (FORSAM) menggelar apel peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77 di dusun Sawahan, Kelurahan Srihardono, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta pada Rabu, 17 Agustus 2022. Apel diikuti oleh seluruh warga Sawahan, dari anak-anak hingga lansia.

Pelaksanaan apel peringatan HUT Kemerdekaan RI sudah menjadi tradisi di dusun Sawahan. Bagi warga Sawahan, selain untuk mengenang perjuangan kemerdekaan Indonesia, peringatan HUT Kemerdekaan RI merupakan momentum untuk mempertegas dan mempererat semangat toleransi dan persatuan di lingkungan masyarakat Sawahan.

"Tradisi memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia di Sawahan kita rawat bukan hanya untuk mengenang perjuangan para pahlawan kemerdekaan, tetapi sebagai momentum mempertegas dan memperkuat toleransi dan persatuan di seluruh komponen masyarakat Sawahan,” kata Kepala Pedukuhan Sawahan, Didik Purnomo melalui rilis resmi kepada media ini, Rabu, (17/8/2022)

Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Sawahan dimulai dengan acara Malam Tirakatan yang digelar pada 16 Agustus 2022 malam. Malam Tirakatan diisi dengan doa bersama dan acara ramah tamah yang melibatkan seluruh warga Sawahan. Selain itu, juga digelar sejumlah lomba dan pembagian door prize.

"Meski kita tinggal di dusun, tapi kita tetap punya semangat besar untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI setiap tanggal 17 Agustus, agar persatuan warga Sawahan makin kokoh. Bagi kami, persatuan dan toleransi adalah elemen penting dalam mewujudkan Indonesia Maju,” kata ketua Forum Pemuda Sawahan, Ikhananto Martedi.

Saptono, sesepuh dusun Sawahan yang tampil sebagai pembina upacara saat apel peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Sawahan dalam sambutannya mengajak masyarakat Sawahan untuk terus memperkuat persatuan dan toleransi antarwarga Sawahan.

"Keunikan bangsa dalam keberagaman justru menjadi perekat yang memperkuat jati diri bangsa. Bahkan, kekhasan budaya lokal yang dapat dikembangkan sebagai kearifan lokal, hendaknya dapat diberdayakan guna menampung segala kemajemukan itu, sekaligus memperteguh semangat persatuan Indonesia,” ungkapnya.*

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Sudah Dibatalkan MK, Partai Buruh Akan Gugat Aturan Pencalonan Pilkada
Update Banjir Bandang di Agam, Korban Meninggal 19 Orang
KNKT Minta Semua Pihak Buat Rencana Perjalanan Wisata yang Baik dan Bijak
Akibat Banjir Bandang Di Tanah Datar, 8 warga Tewas dan 12 Orang Masih dinyatakan hilang
Pj Gubernur Agus Fatoni Lepas Keberangkatan 445 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Palembang
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas