INDONEWS.ID

  • Jum'at, 25/11/2022 10:12 WIB
  • FFWI Dukung Keragaman Festival Film

  • Oleh :
    • luska
FFWI Dukung Keragaman Festival Film

Jakarta, INDONEWS.ID - Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) dalam rapat terakhirnya, Kamis malam,24/11, menegaskan, mendukung penuh keragaman festival film yang belakangan banyak tumbuh di Indonesia.

"Semakin banyak festival, sesungguhnya bakal semakin baik,” tandas Ketua FFWI Wina Armada Sukardi, dalam rapat terakhir Panitia FFWI  sekaligus menandai pembubaran panitia FFWI di Jakarta.

Baca juga : KUHP Tidak Berlaku untuk Kegiatan Kemerdekaan Pers

Panitia   FWI XII Tahun 2022, secara resmi dinyatakan dibubarkan  Kamis,  24 /11.  Sesuai dengan masa kerjanya, panitia FFWI terbentuk sejak Maret  dan bekerja hingga November 2022. 

Menurut Wina dalam acara itu, tentu banyaknya festival film harus disertai  syarat, tiap festival memiliki ciri  yang berbeda satu dengan lainnya. Dengan beragamnya festival film yang memiliki kekhasan masing-masing, tambah Wina, bagus untuk ekosistem perfilman Indonesia. “Dengan demikian lebih banyak batu uji dan sudut pandang, sehingga membantu pemahaman terhadap perfilman Indonesia dan karya-karya film Indonesia,” tegasnya.

Baca juga : Mat Kodak

Dalam kaitannya ini, Wina mengungkapkan, FFWI juga mendukung pembiayaan dana dari negara terhadap berbagai festival film yang ada.”Ini bagian dari strategi pemajuan kebudayaan bangsa,” kata Wina.

Kendati begitu, Wina mengingatkan, tidak semua festival patut dibantu pendanaannya  dari negara. Festival-featival film asing dan festival yang eksklusif tidak melibatkan masyarakat luas,  tidak perlu diberikan pendanaan dari negara.

Dalam acara itu  diserahkan pula Piala Gunungan kepada para pemenang yang tidak sempat hadir dalam acara Puncak Malam Anugrah FFWI 22 November silam di Pusat Perfilman Usmar Ismail.

Ke depan FFWI akan melakukan serangkian perubahan besar-besar baik terhadap acara-acaranya,  sistem penjurian maupun struktur panitianya.”Rencananya akan lebih banyak wartawan perempuam dilibatkan sebagai penyelenggara FFWI,” ungkap Wina. Susunan Panitia akan diumunkan pertengah Desember 2022 atau awal Januari 2023.

Sedangkan dalam sistem penjurian wartawan-wartawan film dan kebudayaan senior akan diminta menjadi juri. “Selebihnya tunggu waktunya,” ujarnya.

Berbeda dengan festival film, pada FFWI menilai film berdasarkan genre. Lantas setiap pemenang genre diadu lagi untuk memperoleh Piala  Gunungan khusus film Best of The Best  atau yang terbaik dari yang terbaik. Tahun ini katagori ini dimenangkan oleh  film "Ngeri-Ngeri Sedap.”  Sedangkan  dua piala Live Time Achievement Award  diberikan kepada Deddy Mizwar  dari kalangan perfilman dan Wina Armada Sukardi dari unsur sebagai wartawan.(Lka)

Artikel Terkait
KUHP Tidak Berlaku untuk Kegiatan Kemerdekaan Pers
Mat Kodak
Artikel Terkini
Pos Mahen Satgas Yonif 742/SWY Ajari Murid SDN Baudaok Cara Mengolah Sampah Plastik
Indonesia-Kazakhstan untuk Rampungkan Perjanjian Promosi dan Perlindungan Investasi
Prof Dr H Yulius SH MH Ketua Kamar TUN Mahkamah Agung Diwawancara Ekslusif Majalah MATRA
Dorong Ekonomi Nasional Lebih Transformatif, Menko Airlangga Jalin Kerja Sama Global
PLBN Motamasin Terima Kunjungan Konsulat Timor Leste, Bahas Isu Keimigrasian Antarnegara
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas