INDONEWS.ID

  • Kamis, 16/02/2023 17:41 WIB
  • LKPP dan KADIN Kolaborasi Wujudkan Target 5 Juta Produk pada Katalog Elektronik

  • Oleh :
    • luska
LKPP dan KADIN Kolaborasi Wujudkan Target 5 Juta Produk pada Katalog Elektronik

Jakarta, INDONEWS.ID - Gerak cepat wujudkan target 5 juta produk tayang pada Katalog Elektronik sebagaimana instruksi Presiden RI Joko Widodo, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah atau LKPP bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) gelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis On Boarding Pelaku Usaha Katalog Elektronik pada Kamis (16/2) di Kantor LKPP.

Kegiatan ini merupakan langkah kolaborasi LKPP bersama KADIN, dalam mensosialisasikan secara massif kepada pelaku usaha utamanya di dalam naungan KADIN untuk dapat turut serta ikut terlibat dalam pengadaan barang/jasa pemerintah, dengan menjadi tutor bagi rekan-rekan pelaku usaha lainnya di wilayah daerah masing-masing anggota KADIN.

Baca juga : Hendi Ungkap Baru Ada 64 dari 546 Pemda Dengan Unit Kerja Pengadaan Proaktif

Kepala LKPP Hendrar Prihadi atau yang akrab disapa Hendi tersebut dalam sambutan dan arahannya menyampaikan, terdapat peluang yang sangat besar bagi para pelaku usaha untuk dapat ikut serta secara aktif dalam pengadaan barang/jasa pemerintah. 

“Ini adalah peluang, pengusaha harus bisa melihat peluang dan peluang itu ada pada belanja APBN/APBD. Juga menjadi peluang untuk mengajak mitra bahwa di dalam penganggaran APBN/APBD ada nilai yang jika kita berinvestasi maka ada jaminan segmen pasar dari pemerintah,” kata Hendi.

Baca juga : LKPP Kembangkan Government Marketplace, Bisa Jadi `Raja` Ecommerce Indonesia

Lebih lanjut Kepala LKPP menyampaikan harapannya kepada KADIN, sebagai organisasi yang mewadahi para pengusaha Indonesia sekaligus mitra strategis pemerintah di seluruh Indonesia untuk ikut menggerakan dunia usaha dan perekonomian Indonesia. 

“Saya harap pertemuan ini bisa menjadi training for trainers, rekan-rekan bisa mensosialisasikan di wilayah daerah masing-masing supaya kebijakan untuk dapat mengangkat ekonomi dan Produk Dalam Negeri (PDN) bisa dilakukan secara lebih masif,“ kata Hendi.

Baca juga : Presiden RI Joko Widodo Ungkap Lompatan Besar E-Katalog LKPP RI

Pada kesempatan tersebut, Hendi juga menyampaikan Lima arahan Presiden RI Joko Widodo kepada LKPP di antaranya yakni Pertama, meningkatkan penggunaan PDN; Kedua, meningkatkan porsi usaha mikro, kecil, dan koperasi; Ketiga, mempercepat penyerapan anggaran; Keempat, mengupayakan efisiensi belanja pemerintah, dan Kelima, memastikan transparansi pengadaan barang/jasa.

“Hari ini saya meneruskan amanat Presiden RI Joko Widodo dan kami berharap ada keberpihakan. Kita ini merah putih, maka kita harus mengangkat ekonomi merah putih. Kalau kemudian harganya mahal itu karena tidak ada yg beli. Kalau kita semuanya beli, secara jumlah akan banyak maka harganya akan kompetitif,” ungkap Hendi.

Sejalan dengan itu, Ketua POKJA KADIN-LKPP Kukrit Suryo Wicaksono mengungkapkan, Sosialisasi dan Bimbingan Teknis On Boarding Pelaku Usaha Katalog Elektronik akan memberikan banyak manfaat bagi KADIN Provinsi, Kabupaten, dan Kota. “Sosialisasi ini menjadi ajang tutoring serta tukar pikiran antara KADIN dan LKPP,” tutur Kukrit.

Senada dengan hal tersebut, Direktur Advokasi Pemerintah Daerah Iwan Herniwan menjelaskan, melalui kegiatan ini LKPP berharap dapat mensosialisasikan secara massif dan menjelaskan bagaimana tata cara masuk Katalog Elektronik kepada pelaku usaha. 

LKPP berharap kegiatan sosialisasi yang berlangsung selama dua hari pada 16 hingga 17 Februari 2023 dengan dihadiri Peserta yang berasal dari KADIN Provinsi dan KADIN Asosiasi  akan mampu mendongkrak pergerakan dunia usaha dan meningkatkan daya ungkit ekonomi pertumbuhan Indonesia menjadi lebih baik. (Lka)

 

Artikel Terkait
Hendi Ungkap Baru Ada 64 dari 546 Pemda Dengan Unit Kerja Pengadaan Proaktif
LKPP Kembangkan Government Marketplace, Bisa Jadi `Raja` Ecommerce Indonesia
Presiden RI Joko Widodo Ungkap Lompatan Besar E-Katalog LKPP RI
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas