INDONEWS.ID

  • Minggu, 18/06/2023 15:18 WIB
  • Ketua Umum IMI Bamsoet Buka Kejuaraan Nasional Teladan Time dan Fun Rally Putaran 2 di Jakarta

  • Oleh :
    • rio apricianditho
Ketua Umum IMI Bamsoet Buka Kejuaraan Nasional Teladan Time dan Fun Rally Putaran 2 di Jakarta

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo membuka Kejuaraan Nasional Teladan Time Rally putaran 2 serta Fun Rally, dengan total peserta mencapai 120 kendaraan. Satu per satu peserta dilepas dengan interval setiap waktu 2 menit. Panitia membuat kriteria dengan menghitung jarak tempuh, kecepatan, dan waktu dalam menempuh etape-etape yang harus dilalui setiap peserta.

Total doorprize dua unit sepeda motor listrik. Event ini diselenggarakan Teladan Metropolitan Wisata Rally 2023, sebagai kegiatan otomotif yang diprakarsai bersama antara Alumni SMAN 3 Jakarta dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI Jakarta. Didukung Banteng Autosport, Adaro, Pertamina, Universitas Budi Luhur, Yuasa, DMO Garage, Indonews.id, dan mobilinacom.

Baca juga : Pembalap Tiga Zaman Buka Puasa Bersama di The Balai Sarwono

"Event ini menghidupkan kembali geliat kejuaraan nasional time rally yang sudah puluhan tahun tidak diselenggarakan di DKI Jakarta. Momentumnya sangat tepat, karena penyelenggaraan event ini juga menjadi kontribusi dari keluarga besar IMI dalam menyambut dan memeriahkan HUT ke-496 DKI Jakarta yang diperingati pada 22 Juni. Penggunaan Zero Car menggunakan kendaraan listrik dari Universitas Budi Luhur juga menjadi spirit kampanye mempercepat migrasi kendaraan dari berbahan bakar minyak ke bermotor listrik," ujar Bamsoet usai membuka Kejuaraan Nasional Time Rally putaran 2 serta Fun Rally, di halaman Gedung DPRD DKI Jakarta.

Turut hadir mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva, serta Ketua IMI DKI Jakarta Anondo Eko. Hadir pula para pengurus IMI Pusat antara lain, Bendahara Umum Iwan One, Wakil Ketua Umum Mobilitas Rifat Sungkar Wakil Ketua Umum Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis, serta Komunikasi dan Media Hasby Zamri.

Baca juga : Ketua IMI Buka Festival Auto Speed, Gerakan Ekonomi Rakyat

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, penyelenggaraan Teladan Metropolitan Wisata Rally 2023 memadukan unsur olahraga, ekonomi, lingkungan, dan pariwisata. Turut menghadirkan bazaar UMKM, dan pameran kendaraan. Sehingga memberikan kontribusi positif bagi perkembangan sport tourism di DKI Jakarta dan memberikan multiplier effect economy yang besar bagi perekonomian masyarakat DKI Jakarta.

"Melalui event ini diharapkan juga dapat menjalin keakraban antar peserta. Sekaligus mengasah keterampilan peserta dalam olahraga rally. Seperti kemahiran berkendara, navigasi, dan ketepatan manajemen waktu," jelas Bamsoet.

Baca juga : MBClubina Kukuhkan Pengurus dan Pecahkan Rekor Muri

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, di tahun 2023 ini, IMI akan menyelenggarakan 4 putaran Kejurnas Time Rally. Setelah putaran pertama di Sumatera Selatan pada 18-19 Maret 2023 dan putaran kedua di DKI Jakarta pada 17-18 Juni 2023, selanjutnya putaran ketiga diselenggarakan di Jembrana, Bali pada 18-20 Agustus 2023. Serta putaran keempat di Kalimantan Selatan pada 7-8 Oktober 2023.

"Time Rally didasarkan pada tiga hal pokok yang saling berkaitan dan mengikat, yaitu waktu, kecepatan, jarak. Mengasah kemampuan berpikir dan kekompakan team, karena harus menyelesaikan misi dalam kurun waktu yang sudah ditentukan. Di setiap kendaraan, biasanya terdapat 3 orang yang mempunyai tugas masing-masing. Yakni driver yang mengemudikan kendaraan, navigator 1 yang menentukan rute untuk dilalui, serta navigator 2 yang menghitung jarak, waktu, dan kecepatan yang dibutuhkan. Sehingga kemenangan dalam time rally merupakan kerjasama setiap orang yang ada di dalam mobil," pungkas Bamsoet.

Artikel Terkait
Pembalap Tiga Zaman Buka Puasa Bersama di The Balai Sarwono
Ketua IMI Buka Festival Auto Speed, Gerakan Ekonomi Rakyat
MBClubina Kukuhkan Pengurus dan Pecahkan Rekor Muri
Artikel Terkini
Kunjungi Sulsel, Menteri AHY Lari Pagi Bersama Komunitas Lari Makassar
Masuk Secara Ilegal, 4 Warga Timor Leste Diamankan di PLBN Motamasin
Bupati Tanah Datar berikan aspresiasi Loka Karya dan Panen Karya Guru Penggerak
Hari ini Pengurus FOKBI Gelar Silaturahmi Jelang Musda di Jakarta
Pemred indonews.id Hadiri Halal Bi Halal di Kediaman Laksamana Purn Ade Supandi
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas