INDONEWS.ID

  • Jum'at, 21/07/2023 06:35 WIB
  • TNI AL Gelar Kegiatan Surya Bhaskara Jaya Dukung Program Keluarga Keren Bebas Stunting

  • Oleh :
    • luska
TNI AL Gelar Kegiatan Surya Bhaskara Jaya Dukung Program Keluarga Keren Bebas Stunting

Jakarta, INDONEWS.ID - TNI Angkatan Laut menggelar “Kegiatan Bakti Surya Bhaskara Jaya”  di Kabupaten Sumenep dan Kecamatan Masalembu sekaligus mendukung Program Keluarga Keren Bebas Stunting sebagai Program Pemerintah untuk Percepatan Penurunan Stunting di Indonesia yang merupakan program  kolaborasi TNI Angkatan Laut dan BKKBN. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi Karya Bakti berupa renovasi rumah ibadah dan taman baca Al Qura’an, Bakti Sosial dalam bentuk Pelayanan Kesehatan serta Sosialisasi Keluarga Berencana, Gizi Buruk (Stunting) .  Kegiatan ini digelar pada tanggal 18 s.d. 19 Juli 2023. 

Acara pencanangan dibuka langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal)  Laksamana TNI Muhammad Ali dan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Sumenep Achmad Fauzi  di pendopo Kab. Sumenep. TNI AL mengerahkan kapal bantuan rumah sakit KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 yang membawa 136 tenaga kesehatan untuk melaksanakan operasi baksos  kemanusiaan dan memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat Masalembu.  Bantuan kesehatan yang dilaksanakan antara lain operasi major, bibir sumbing, khitanan, operasi katarak, hingga pengobatan gigi dan mulut.

Baca juga : PTPN IV Regional 4 Salurkan 94 Bantuan Stunting di Muara Bulian

Dalam sambutannya Kasal  menyampaikan sebagai wujud nyata kemanunggalan  TNI Angkatan Laut dengan rakyat, sudah sangat tepat jika pada kegiatan kali ini mengangkat tema, “TNI Angkatan Laut Bersama BKKBN menyelenggarakan program keluarga keren bebas stunting di seluruh Jajaran TNI Angkatan Laut dalam rangka mendukung percepatan penurunan stunting guna mewujudkan masyarakat yang sehat dan kuat bagi kepentingan pertahanan negara.”

TNI Angkatan Laut percaya bahwa, peningkatan kesehatan dan kualitas hidup generasi muda adalah kunci untuk masa depan bangsa yang kuat dan sejahtera. dengan sumber daya yang dimiliki, TNI Angkatan Laut berkomitmen untuk membantu dalam mensosialisasikan, penyediaan akses ke pelayanan kesehatan, serta dukungan lainnya yang diperlukan dalam kesuksesan program ini, sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah pesisir, yang pada akhirnya akan tercapai ketahanan nasional yang tangguh, demi Indonesia emas, Indonesia yang berdaulat, maju, adil dan makmur.

Baca juga : Regional 4 Jadi Ayah Asuh Anak Stunting Pemayung

Kasal juga yakin dan percaya, bahwa apa yang telah diperjuangkan bersama ini, akan dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat, seraya mengajak kita semua untuk terus menjaga semangat kepedulian dan kebersamaan, demi menciptakan perubahan positif dan memberikan dampak berkelanjutan bagi masyarakat, dan mengajak terus bergerak maju, dalam memberikan bantuan dan dukungan serta menjadi agen perubahan dalam menjawab panggilan kemanusiaan. Akhir kata dalam sambutannya Kasal menyampaikan bersama kita mampu mewujudkan Indonesia yang lebih baik, untuk masa depan yang gemilang dalam menyongsong Indonesia emas.

Sementara itu, Kepla Dinas Potensi Maritim Angkatan laut (Kadispotmaral) Laksamana Pertama TNI Suradi  menyampaikan,  “Penyelenggaraan Bakti TNI Angkatan Laut Surya Bhaskara Jaya ditujukan guna membantu pemerintah dalam  percepatan  pembangunan  dan  meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan kemanunggalan TNI Angkatan Laut  bersama rakyat dalam rangka menyiapkan secara dini ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara. kegiatan Bakti TNI AL Surya Bhasakara Jaya dalam rangka  mendukung program pemerintah yang tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, merupakan upaya TNI Angkatan Laut dalam perspektif kepentingan masyarakat, kegiatan ini bertujuan untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat di bidang kesehatan dan mencegah terjadinya stunting untuk generasi selanjutnya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.” 

Baca juga : TNI AL Terus Kuatkan Peran Masyarakat Kawasan Perbatasan

Pemprov Jatim juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas  kolaborasi TNI AL bersama BKKBN yang melakukan Program Keluarga Keren Bebas Stunting di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, selasa (18/7). Dan berharap mudah mudahan seluruh kegiatan ini berjalan dengan baik dan bisa direplikasi di banyak titik daerah lain, sehingga target penurunan stunting bisa dilakukan secara signifikan dan dimaksimalkan.

Artikel Terkait
PTPN IV Regional 4 Salurkan 94 Bantuan Stunting di Muara Bulian
Regional 4 Jadi Ayah Asuh Anak Stunting Pemayung
TNI AL Terus Kuatkan Peran Masyarakat Kawasan Perbatasan
Artikel Terkini
Terus Bermanuver Menuju Pilkada NTT, Cagub Ardy Mbalembout dan Irjen Jonny Asadoma Gelar Pertemuan Tertutup di Jakarta
Tamini Square Gelar Festival Soto dan Masakan Nusantara
Dituduh Curi Iphone, Ade Laporkan AA ke Polres Jaksel
PNM Terus Bekali Nasabah dengan Teknologi Digital
Hari Ulang Tahun ke 15 Kabupaten Maybrat Diwarnai Peluncuran Program PAITUA
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas