INDONEWS.ID

  • Kamis, 14/09/2023 18:37 WIB
  • Eksotisme Budaya Kalimantan dalam Kemeriahan Pasar Malam Indonesia di Stockholm

  • Oleh :
    • luska
Eksotisme Budaya Kalimantan dalam Kemeriahan Pasar Malam Indonesia di Stockholm

Swedia, INDONEWS.ID – Pasar Malam Indonesia kembali digelar tahun ini dengan meriah di Folkets Husby, Kista, Stockholm (10/09/23). Kegiatan tahunan ini diselenggarakan oleh asosiasi Swedia-Indonesia di Stockholm yakni Svensk-Indonesiska Sällkapet (SIS) berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Stockholm. Tahun ini tema kegiatan Pasar Malam adalah mengangkat kebudayaan Kalimantan Barat. Foto-foto dan Pernak-pernik khas adat tanah Borneo menghiasi seluruh ruangan dipadukan dengan para pengunjung yang turut mengenakan pakaian adat kalimantan. 

Dalam sambutannya, Bapak Duta Besar RI untuk Swedia Kamapradipta Isnomo, menyampaikan bahwa Pasar Malam ini merupakan wadah yang bagus untuk mempererat persahabatan antara Indonesia dan Swedia melalui pertukaran budaya baik dari tarian, musik, hingga makanan. Selain itu tema yang diusung tahun ini yakni Kalimantan, selaras dengan rencana pemerintah Indonesia untuk memindahkan ibu kota ke Nusantara yang terletak di Kalimantan Timur.

Baca juga : Indonesian Cultural Night 2023 Menghadirkan Kebudayaan dan Keindahan Indonesia

“Menurut saya tema Kalimantan Barat atau Kalimantan pada umumnya ini bagus karena saat ini Indonesia akan memindahkan ibu kota negara ke sana. Kegiatan ini mampu menjadi salah satu cara untuk mengenalkan budaya dari calon ibu kota negara Indonesia yang baru kepada mereka yang mungkin belum familiar,” tutur Bapak Duta Besar dalam isi sambutannya. 

Terdapat kurang lebih 300 orang yang menghadiri Pasar Malam tahun ini. Para pengunjung disuguhkan dengan berbagai penampilan di atas panggung seperti tari-tarian Kalimantan, permainan musik angklung, akustik, dan lomba fashion show anak.

Baca juga : Sang Saka Merah Putih Berkibar di Wisma KBRI Stockholm

Selain panggung hiburan, pengunjung juga dimanjakan dengan berbagai bazar makanan yang menghadirkan menu-menu khas Indonesia mulai dari bakso, sate padang, lontong sayur, soto, aneka jajanan pasar, hingga minuman tradisional jamu. 
Seperti tahun sebelumnya, pada gelaran Pasar Malam tahun ini, SIS memberikan penghargaan Friend of Indonesia kepada sosok yang berpengaruh kepada komunitas Swedia-Indonesia di Stockholm. Pada kali ini penghargaan tersebut diberikan kepada Ibu Elizabeth Stenqvist, warga Swedia yang memiliki dedikasi sangat tinggi untuk SIS dan tentunya dalam mempererat tali persahabatan antara Swedia dan Indonesia. Elizabeth Stenqvist juga merupakan tokoh SIS yang menginisiasi acara Pasar Malam yang telah berlangsung secara rutin setiap tahun sejak awal tahun 1990an.

Selain penghargaan Friend of Indonesia, SIS juga memberikan penghargaan untuk pengunjung yang memakai busana terbaik atau Best Traditional Kalimantan Dress. Penghargaan berbusana terbaik tahun ini jatuh kepada Ibu Yusiana Atmadja yang masih memiliki darah Kalimantan. 

Baca juga : Dewa Alit dan Gamelan Salukat Menampilkan Keindahan Musik Gamelan di Stockholm

Kegiatan Pasar Malam ini merupakan acara rutin SIS berkolaborasi dengan KBRI Stockholm yang dirancang untuk memperkenalkan budaya Indonesia khususnya kepada warga lokal Swedia dan tentunya juga menjadi wadah untuk silaturahmi dan pengobat rindu terhadap hal-hal berbau Indonesia bagi para WNI yang saat ini tinggal di Swedia.

Artikel Terkait
Indonesian Cultural Night 2023 Menghadirkan Kebudayaan dan Keindahan Indonesia
Sang Saka Merah Putih Berkibar di Wisma KBRI Stockholm
Dewa Alit dan Gamelan Salukat Menampilkan Keindahan Musik Gamelan di Stockholm
Artikel Terkini
Hikmahanto Sebut Fatwa ICJ Tidak Berdampak pada Israel
Kemenperin Apresiasi Kolaborasi Perusahaan Bus untuk Tingkatan Nilai Tambah
Pos Fohuk Satgas Yonif 742/SWY Berikan Penyuluhan Tentang Bela Negara Kepada Warga Perbatasan
Menperin: Pembentukan Satgas Impor Ilegal Dukung Industri Manufaktur Indonesia
Minimalisir Dampak Kerugian Ekonomi, Menko Airlangga Tekankan Pentingnya Antisipasi Bencana Secara Efektif dan Berkesinambungan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
vps.indonews.id