INDONEWS.ID

  • Selasa, 19/12/2023 11:40 WIB
  • Pimpin Upacara, Sekjen Kemendagri Tegaskan Pentingnya Semangat Bela Negara dan Cinta Tanah Air

  • Oleh :
    • luska
Pimpin Upacara, Sekjen Kemendagri Tegaskan Pentingnya Semangat Bela Negara dan Cinta Tanah Air

Jakarta, INDONEWS.ID - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro memimpin upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-75 di Lingkungan Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP). Upacara tersebut berlangsung di Halaman Gedung A Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Selasa (19/12/2023).

Suhajar dan para peserta upacara tampak mengenakan seragam Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri). Pada kesempatan tersebut, selaku inspektur upacara, Suhajar membacakan amanat Presiden Joko Widodo. Adapun tema yang diusung dalam peringatan kali ini yaitu “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju”.

Baca juga : Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional

"Pada peringatan Hari Bela Negara ke-75 tahun 2023 ini, saya mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air," katanya.

Melalui tema tersebut, Suhajar menegaskan, tantangan dunia di masa depan semakin tidak terduga. Dunia, lanjut Suhajar, akan menghadapi berbagai macam ancaman yang bukan hanya secara fisik, tetapi juga yang tak kasat mata, seperti pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim. Menurutnya, tantangan tersebut akan memberikan dampak dan risiko bagi ketahanan negara.

Baca juga : Kemendagri Dorong Percepatan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pemerintahan di 4 DOB Papua

"Kita harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu," ujarnya.

Suhajar menegaskan, semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif elemen seluruh masyarakat. Sebab, kata dia, bela negara adalah tugas bersama dalam menjaga persatuan dan kesatuan negara Indonesia.

Baca juga : Sekjen Kemendagri Jelaskan Pemberian Penghargaan Prestasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Berdasarkan LPPD

Bela negara juga bukan hanya terkait pada aspek militer, tetapi harus lebih luas dan merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-sehari. Dirinya menilai, setiap tindakan apa pun yang dilandasi rasa cinta kepada bangsa dan negara, kepada Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), merupakan wujud konkret aksi bela negara.

"Hari bela negara ini merupakan momentum bagi kita untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita-citakan," imbuhnya.

Suhajar menambahkan, untuk meraih kehidupan masyarakat yang maju, bersatu, berdaulat, mandiri, dan sejahtera, dibutuhkan kerja keras dari semua pihak. Selain itu, perlu pula memiliki kerendahan hati memohon petunjuk dari Tuhan Yang Maha Esa agar cita-cita bangsa Indonesia dapat terwujud.

"Semangat Hari Bela Negara ke-75, Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju," pungkasnya.

 

Artikel Terkait
Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional
Kemendagri Dorong Percepatan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pemerintahan di 4 DOB Papua
Sekjen Kemendagri Jelaskan Pemberian Penghargaan Prestasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Berdasarkan LPPD
Artikel Terkini
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional
Kemendagri Dorong Percepatan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pemerintahan di 4 DOB Papua
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas