INDONEWS.ID

  • Jum'at, 19/01/2024 12:53 WIB
  • Menteri ATR/Kepala BPN Resmikan Loket Layanan di Kantah Kabupaten Bogor

  • Oleh :
    • luska
Menteri ATR/Kepala BPN Resmikan Loket Layanan di Kantah Kabupaten Bogor

Bogor, INDONEWS ID - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto meresmikan loket layanan pertanahan di Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Bogor I, Jumat (19/01/2024). Peresmian ditandai dengan pengguntingan untaian melati dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri ATR/Kepala BPN.

Usai meresmikan loket, Menteri ATR/Kepala BPN dalam sambutannya mengatakan bahwa  Kantah Kabupaten Bogor I melayani kurang lebih 33 kecamatan dengan total layanan hampir 120.000 layanan setiap tahunnya. Dengan demikian, layanan pertanahan di Kantah Kabupaten Bogor I dapat dikatakan memberikan kontribusi yang sangat baik kepada Pemerintah Kabupaten Bogor.

Baca juga : Menteri ATR/Kepala BPN Lakukan Peninjauan ke STPN untuk Menyapa Langsung Seluruh Taruna dan Taruni

"Paling tidak kalau kita lihat data, hampir Rp 17 triliun penambahan nilai ekonomi dari hak tanggungan yang beredar di masyarakat. Kantah Kabupaten Bogor I ini juga memberikan kontribusi PAD (Pendapatan Asli Daerah, red) berupa BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan), PPh (Pajak Penghasilan) yang tentunya memberikan warna kepada Pemerintah Kabupaten Bogor," tutur Hadi Tjahjanto.

Di samping itu, terdapat Tujuh Layanan Prioritas yang diberikan oleh Kantah Kabupaten Bogor I  kepada masyarakat Kabupaten Bogor. Hadi Tjahjanto menyebut bahwa pihaknya senantiasa mengupayakan untuk memberi layanan terbaik bagi masyarakat.

Baca juga : Hadiri Buka Puasa Bersama Pamor Persada AKABRI 2000, Menteri ATR/Kepala BPN: Terima Kasih atas Kerja Sama yang Baik

"Tujuh layanan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan cakupan layanan yang begitu luas, wajar apabila Kantah Kabupaten Bogor I meningkatkan performa layanannya dengan loket yang benar-benar representatif kepada masyarakat. Saya apresiasi Kantah Kabupaten Bogor I yang telah menyediakan tempat terbaik untuk melayani masyarakat," ujar Menteri ATR/Kepala BPN.

Untuk diketahui, Kantah Kabupaten Bogor I melaksanakan program strategis nasional yaitu pendaftaran tanah sebanyak 1,4 juta bidang dengan jumlah tanah yang telah terdaftar mencapai 1,1 juta bidang. Menteri ATR/Kepala BPN berharap, dengan sisa bidang tanah yang belum terdaftar sejumlah 300.000 bidang dapat diselesaikan segera dan Bogor bisa dideklarasikan sebagai Kabupaten Lengkap.

Baca juga : Beri Kuliah Umum di Seskoal, Menteri AHY: Peran TNI AL Penting dalam Tata Ruang Pertahanan Indonesia

"Saya yakin dengan kerja keras dan  dukungan dari pemerintah daerah, para APH (aparat penegak hukum, red), dan seluruh unsur Forkopimda, tujuan kita memberikan layanan terbaik kepada masyarakat insyaallah bisa tercapai," lanjut Hadi Tjahjanto.

Dalam kesempatan ini, Menteri ATR/Kepala BPN didampingi Sekretaris Jenderal, Suyus Windayana; Inspektur Jenderal, R.B. Agus Widjayanto; Direktur Jenderal Penataan Agraria, Dalu Agung Darmawan; Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati; Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Lampri; dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat, Rudi Rubijaya beserta jajaran. Turut hadir, Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin; Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu; serta jajaran Forkopimda Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Bogor. 

Artikel Terkait
Menteri ATR/Kepala BPN Lakukan Peninjauan ke STPN untuk Menyapa Langsung Seluruh Taruna dan Taruni
Hadiri Buka Puasa Bersama Pamor Persada AKABRI 2000, Menteri ATR/Kepala BPN: Terima Kasih atas Kerja Sama yang Baik
Beri Kuliah Umum di Seskoal, Menteri AHY: Peran TNI AL Penting dalam Tata Ruang Pertahanan Indonesia
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas