Internasional

Sambut HUT RI, Warga Indonesia Gelar Ceria Merdeka di Roma

Oleh : hendro - Senin, 13/08/2018 05:45 WIB

Keceriaan warga Indonesia dalam menyambut HUT RI di acara hari Ceria Merdeka di kota Roma

Roma, INDONEWS.ID -  Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI, ratusan warga Indonesia di Roma dan sekitarnya menggelar kegiatan dan perlombaan dalam acara bertajuk “Hari Ceria Merdeka 2018”, Minggu (12/8/2018) kemarin.

Berbagai kompetisi individu maupun berkelompok, seperti permainan gaple, estafet bendera, makan kerupuk, balap kelereng, adu panco, memasukkan pena dalam botol, hingga karaoke, berlangsung dengan penuh kegembiraan dan kebersamaan. Banyak peserta yang lahir dan besar di Italia, sehingga kurang familiar dengan suasana lazimnya peringatan HUT RI di Indonesia, namun mereka tetap berpartisipasi di setiap lomba dengan antusiasme tinggi. 

Pelaksanaan lomba deklamasi puisi perjuangan untuk anak-anak juga memberikan suasana tersendiri. Ketidakfasihan berbahasa Indonesia dan keawaman terhadap sejarah bangsa menjadikan interpretasi masing-masing peserta terhadap karya sastra yang dibacanya semakin menarik. 

Anak-anak juga diajak bernyanyi lagu-lagu nasional berirama riang seperti Berkibarlah Benderaku dan Hari Merdeka. Lengkap dengan pakaian bernuansa merah putih, meski terbata-bata, mereka bernyanyi dengan semangat sembari mengibarkan bendera merah putih. 

Kegiatan yang diselenggarakan KBRI Roma guna memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia tersebut diawali gerak jalan. Tepat pukul 7.30 pagi, warga yang hadir dibagi dalam beberapa kelompok untuk melaksanakan jalan pagi di taman kota kebanggaan Roma, Villa Borghese. 

Bukan hanya itu, sebagai tanda ikut memelihara lingkungan sekitar, warga dan diaspora Indonesia juga aktif memungut sampah di sepanjang rute gerak jalan yang dilaluinya. 

Duta Besar RI di Roma, Esti Andayani, menyampaikan bahwa aktivitas tersebut dimaksudkan sebagai simbol kepedulian masyarakat Indonesia terhadap kebersihan wilayah tempat tinggal sekaligus persaudaraan dengan warga Kota Roma. 

Dalam sambutannya, Duta Besar Esti Andayani juga mengajak warga Indonesia di wilayah akreditasi KBRI Roma untuk mengekspresikan semangat peringatan HUT ke-73 RI ini dengan secara nyata menyampaikan rasa solidaritas terhadap saudara sebangsa di Lombok yang baru-baru ini terkena bencana gempa bumi. 

Selain kegiatan Hari Ceria Merdeka yang dilaksanakan setiap bulan Agustus oleh KBRI Roma, warga Indonesia di Italia juga akan memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dengan upacara bendera tepat pada tanggal 17 Agustus 2018 mendatang. 

Di kota Roma terdapat dua Perwakilan RI, yaitu KBRI Roma yang terakreditasi untuk Italia, Malta, San Marino, Siprus dan organisasi internasional di Roma, serta KBRI Vatikan yang terakreditasi untuk Tahta Suci Vatikan.  Lokasi penyelenggaraan upacara bendera HUT RI dilaksanakan bergantian setiap tahunnya oleh kedua KBRI tersebut.(hdr)
 

Artikel Terkait