Internasional

Sambut Musim Panas, Warga Roma `Kunjungi` Indonesia

Oleh : hendro - Senin, 25/06/2018 21:30 WIB

Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani saat memberi sambutan pada acara Festa della Musica dengan tema Sempre Estate in Indonesia. 

Roma, INDONEWS.ID - Dalam rangka menyambut musim panas di negeri menara Pisa, masyarakat Italia selalu menggelar pagelaran musik yang sering disebut Festa della Musica.

Festa Della Misica merupakan kegiatan tahunan di berbagai kota Italia yang diselenggarakan dalam rangka menyambut datangnya musim panas. 

Tepat pada pukul 18.00 - 21.00 waktu setempat  tanggal 21 Juni 2018 lalu,  sekitar 300 orang warga Roma hadir di KBRI Roma untuk mengikuti Festa della Musica dengan tema Sempre Estate in Indonesia. 

Diselenggarakan event ini sebagai bagian program tahunan Pemerintah Kota Roma, acara ini menghadirkan suasana Indonesia di tengah kota abadi tersebut. 

Pertunjukan musik bertema “East meets West” menampilkan perpaduan instrumen tradisi nusantara dengan alat musik internasional yang secara harmonis membawakan lagu-lagu daerah Indonesia maupun internasional. 

Tidak ketinggalan, Band Dwiloka yang merupakan asuhan KBRI Roma turut meramaikan acara tersebut dengan menghadirkan permainan saksofon, terompet, bas gitar, perkusi nusantara serta vokal dari pejabat dan staf KBRI Roma, drum oleh pemain drum profesional Jovano Jonathan dari Jakarta, berpadu permainan gamelan Bali oleh Matteo dan Rudgero, dua mahasiswa Italia di Roma, membawakan lagu-lagu kenamaan baik dari Indonesia maupun Italia. 

Pada medley lagu daerah Indonesia, selain gamelan, ada pula permainan angklung.  Selain itu, tampil pula grup musik Italia, Mata Project, yang membawakan musik elektronik berpadu oriental dengan lirik lagu dalam bahasa Indonesia. Mereka tampil diiringi tarian tradisi kontemporer bernuansa Jawa Tengah oleh Pinkan, pelajar Indonesia di Roma. 

Puncaknya,  adalah permainan pianis jazz kenamaan Indonesia, Nial Djuliarso, yang khusus hadir ke Roma untuk acara ini. Nial Djuliarso tampil secara individu pada bagian awal, kemudian berkolaborasi dengan Dwiloka, ditutup dengan lagu Indonesia Pusaka yang dinyanyikan secara beramai-ramai dengan pengunjung. 

Tidak ketinggalan, kuliner khas Indonesia, seperti mi goreng Jawa, rujak serut, es teler serta es mambo kacang hijau, yang disajikan memperoleh apresiasi tinggi.

Menjadi hidangan yang paling digemari oleh pengunjung yang hadir baik oleh para WNI maupun warga Roma. Hal itu terbukti, dengan disajikannya ratusan porsi makanan khas Indonesia, habis tak bersisa dikonsumsi dengan penuh antusias oleh para pengunjung. 

 Menjelang matahari terbenam, diiringi lagu-lagu Indonesia yang dimainkan secara unik oleh DJ Max, warga Italia kelahiran Roma, menjadikan suasana hangat khas pantai Indonesia pun semakin terasa.

Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani, mengharapkan kegiatan ini dapat semakin membawa warga Roma lebih mengenal seni budaya nusantara dan semakin terdorong untuk berkunjung ke Indonesia.

"Tanggal 21 Juni dipilih karena matahari hari itu bersinar paling lama di ekuator dibandingkan hari-hari lainnya. Pertunjukan musik digelar di berbagai wilayah secara terbuka dan tanpa biaya bagi publik," ujar Dubes Esti. (Hdr)
 

Artikel Terkait