Daerah

HUT ke 73 RI, Tim Pushidrosal Gelar Lomba di sorong

Oleh : luska - Jum'at, 17/08/2018 17:01 WIB

Sambut HUT RI ke 73, Pushidrosal gelar lomba di Sorong.(Humas Pushidrosal)

Sorong, INDONEWS.ID - Guna menyemarakkan perayaan HUT ke-73 Republik Indonesia, Tim Survei dan pemetaan hidro-oseanografi Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) di Selat Sele Salawati, Sorong Papua Barat menggelar beberapa lomba yang diikuti oleh masyarakat setempat, Jumat (17/8/2018).

Event yang diikuti masyarakat Katapop ini merupakan moment special karena digelar, di sela-sela kesibukan pelaksanaan tugas Operasi Survei dan Pemetaan (Opssurta) hidros di Selat Sele Sawati Sorong Papua Barat.

Dengan sangat antusias masyarakat setempat mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan perlombaan terdiri dari Renang untuk SD dan SMP Putra-Putri; Lari Marathon SMP Putra-Putri; Lari Marathon SD Putra-Putri dibagi kelas 3-4 dan 5-6; sedangkan untuk SD kelas 1 dan 2 mengikuti lomba lari dengan membawa bendera kemudian dimasukkan kedalam botol. Penentuan juara terdiri dari juara 1, 2 dan 3 Putra-Putri, akan tetapi seluruh peserta mendapatkan hadiah hiburan berupa peralatan tulis dan peralatan pendukung sekolah.

Tanggapan dan antusiasme para orang tua dan pemuda di Kampung Katapop Pantai merupakan pendorong dan penyemangat tersendiri bagi Tim Survei untuk melaksanakan kegiatan ini. Para orang tua dan pemuda pada saat perlombaan juga turut membantu menjaga keamanan. Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian seperangkat peralatan olah raga untuk Pemuda Katapop Pantai.

Jazirah Doberai merupakan daratan di Pesisir Barat Papua, terbentang dari utara di Kabupaten Sorong sampai dengan Kabupaten Teluk Bintuni dibagian selatan. Penamaan Jazirah Doberai diberikan oleh pemerintah Belanda, dimana pada saat itu sebagian besar pesisir barat Papua Barat ini dibawah kekuasaan Kesultanan Ternate. Perairan Selat Sele merupakan salah satu wilayah penting di Jazirah Doberai dimana pelabuhan-pelabuhan laut banyak dibangun di wilayah ini. Merupakan perairan yang cukup terlindung dari pengaruh angin dan ombak yang ekstrim karena terdapat Pulau Salawati dibagian baratnya.

Survei dan Pemetaan hidros Selat Sele Sawati Sorong Papua Barat merupakan program kerja Pushidrosal untuk mendukung Pembangunan markas Komando Armada III dan Pasmar III Sorong yang merupakan perencanaan strategis TNI AL untuk memenuhi kebutuhan pertahanan dan keamanan di Indonesia bagian timur. Tim survei Katapop 2018 dengan Komandan Tim Mayor Laut (P) Farid Muldiyatno bertugas melaksanakan surta hidros untuk menentukan alur menuju rencana dermaga Koarmada III di Perairan Katapop Pantai dan pembangunan patok Benchmark (BM) yang digunakan sebagai titik referensi horisontal dan vertikal dalam pembangunan markas Komando Armada III dan Pasmar III Sorong.

Kegiatan surta yang dilaksanakan dapat berjalan lancar, berkah komunikasi yang baik antara tim survei dengan seluruh instansi militer yang ada serta masyarakat distrik Salawati di Katapop Pantai.

Loading...

Artikel Terkait