Nasional

Anies Siap Realisasikan Impian Presiden Jokowi Soal Sungai Cheonggyecheon

Oleh : hendro - Rabu, 12/09/2018 11:47 WIB

Gubernur DKI Anies Baswedan

Jakarta, INDONEWS.ID - Menyikapi impian Presiden RI Joko Widodo yang menginginkan Sungai Ciliwung bersih dan indah seperti Sungai Cheonggyecheon, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan siap merealisasikan hal tersebut.

“Kita harus bereskan karena memang selama beberapa tahun kondisi kualitas air sungai di DKI Jakarta, saya dapat data dari 2014 sampai 2017, itu memang mengalami perubahan yang signifikan,” ucapnya di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Menurut data yang dihimpun Anies,  sejak tahun 2014 sampai 2017 sungai yang tercemar ringan dari 23 persen turun menjadi 12 persen. Sementara yang tercemar sedang turun dari 44 persen menjadi 17 persen di tahun 2017.

Anies menjelaskan, saat ini pihaknya sudah menyiapkan program untuk membuat kondisi sungai tak tercemar lagi. Bukan hanya bagus dalam hal estetika saja.

“Jadi PR kita, itu bukan sekedar soal estetika, sungainya nampak indah, tapi yang paling penting pencemaran yang terjadi di DKI selama beberapa tahun ini meningkat secara signifikan. Jadi PR-nya itu, karena itu yang akan kita lakukan, adalah membangun sungai sehingga menjadi ekosistem yang alamiah lagi,” tandasnya. (hdr)

Artikel Terkait