Nasional

Garuda Indonesia Memastikan Boeing 737 Max 8 yang Dimilikinya Layak Terbang

Oleh : Abdi Lisa - Jum'at, 09/11/2018 22:30 WIB

Hasil pemeriksaan khusus kelaikudaraan pesawat jenis Boeing 737 Max 8 beberapa waktu silam, dipastikan pesawat Boeing 737 Max 8 layak terbang.(Foto Ist)

Jakarta, INDONEWS ID – Di dalam melaksanakan operasionalnya, maskapai Garuda Indonesia terus dan selalu memfokuskan pada ketentuan-ketentuan yang dikeluarkan regulator. Kareana itulah, Boeing 737 Max 8 milik Garuda Indonesia aman untuk terbang.

Hal inilah yang dituturkan oleh Direktur Teknik Garuda Indonesia, I Wayan Susena di dalam keterangan tertulisnya. Ia memastikan maskapai Boeing 737 Max 8 yang merupakan pesawat dengan jenis yang sama dengan pesawat Lion JT 610 aman dan layak terbang. 

"Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, Garuda Indonesia senantiasa mengacu dan patuh terhadap seluruh ketentuan yang dikeluarkan oleh regulator," katanya, Jumat (9/11).

Hasil pemeriksaan khusus kelaikudaraan pesawat jenis Boeing 737 Max 8 beberapa waktu silam, dipastikan pesawat Boeing 737 Max 8 layak terbang. Masih menurut I Wayan, pemeriksaan khusus tersebut telah dilakukan oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) - Kementerian Perhubungan dan Garuda Indonesia tanggal 30 Oktober lalu yang lalu sesuai dengan surat yang dikeluarkan Direktur KPPU. 

"Pemeriksaan khusus tersebut meliputi indikasi repetitive problems, pelaksanaan troubleshooting, kesesuaian terhadap prosedur dan implementasi pelaksanaan aspek kelaikudaraan dan juga kelengkapan peralatan untuk melakukan troubleshooting pada pesawat B737 Max 8 tersebut," ujarnya.

Setelah memeriksa dan menganalisa hasil pemeriksaan tersebut, DKPPU dalam pernyataan yang telah disampaikan kepada publik menyimpulkan bahwa inspeksi rutin terhadap pesawat Boeing 737 Max 8 yang dioperasikan Garuda Indonesia tersebut telah melalui proses maintenance sesuai jadwal, komponen terpasang tidak melewati batas umur pakai, serta tidak ditemukan adanya gangguan teknis pada fitur mesin pesawat. (Abdi.K)

Artikel Terkait