Nasional

PERTIWI Koalisi Perempuan Perkuat Pendukung Jokowi Maruf

Oleh : Abdi Lisa - Sabtu, 17/11/2018 17:55 WIB

Perempuan Tangguh Pilih Jokowi (PERTIWI) yang merupakan koalisi yang beranggotakan para perempuan beragam profesi dan latar belakang ini mendeklarasikan dukungannya untuk Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Jokowi-Ma’ruf Amin

Jakarta, INDONEWS ID - PERTIWI ingin pastikan warisan persatuan, kesatuan bangsa serta rasa aman dan tenteram untuk bangsa Indonesia

Perempuan Tangguh Pilih Jokowi (PERTIWI) yang merupakan koalisi yang beranggotakan para perempuan beragam profesi dan latar belakang ini mendeklarasikan dukungannya untuk Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Jokowi-Ma’ruf Amin, di Jokowi Center, Sabtu (17/11).

Dengan adanya deklarasi ini diharapkan makin memperkuat jaringan koalisi yang tergabung dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) untuk memenangkan Pasangan Capres Cawapres nomor 01 di Pilpres 2019.  Koalisi tersebut sepakat bahwa arah pembangunan yang dilakukan Presiden Jokowi sudah tepat, demikian pula peranan perempuan dan pemberdayaan perempuan selama ini telah memperoleh perhatian yang besar.

Putri K Wardani, Ketua umum PERTIWI menuturkan, pihaknya berharap dapat mewujudkan mimpi Indonesia yang damai, sejahtera, lebih maju, yang berkeadilan serta  berazaskan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan UUD 45.

“Kami sepakat bahwa salah satu cara untuk mewujudkan itu adalah melalui pemberian dukungan kepada pasangan calon no.1 pada Pilpres 2019 yang akan datang. Dukungan PERTIWI kepada Jokowi–Ma’ruf Amin karena memiliki platform yang sama,” tuturnya.

Ia melanjutkan, peran perempuan sangat vital bagi negara karena perempuan adalah makhluk tangguh multi peran yang mencetak generasi penerus bangsa.

“Sebagai bagian dari masyarakat, perempuan diharapkan mampu berperan menjadi mitra laki-laki dalam membangun bangsa dan menjadi bagian dari pencari solusi atas berbagai permasalahan yang ada di negara kita, mulai dari ekonomi, keluarga, sosial budaya, politik dan reliji,” katanya.

Baginya, suara perempuan juga sangat vital dalam pemilu presiden 2019, terutama jika melihat populasi perempuan pemilih pada Pilpres 2019 yang mencapai 50,2% atau 93,1 juta, sehingga sangat menentukan perolehan suara.

Hal yang membedakan PERTIWI dengan gerakan perempuan lainnya adalah karakter keanggotaan yang beragam dan kedekatan langsung dengan kalangan akar rumput.

“Anggota kami adalah perempuan dari beragam kalangan dan latar belakang, seperti pengusaha, penggiat UKM dan organisasi, artis, budayawati, politisi, dan lain lain yang aktif dan memiliki pengaruh. Sehingga kami yakin memiliki akses yang luas dan kuat untuk mendulang suara,” jelas Putri.

Putri menyebutkan nama beberapa figur terkemuka di Indonesia yang merupakan anggota Pertiwi, antara lain: Shinta Omar, Yanti Airlangga, Ayu Rosan, Meme Hartoto, Tati Gobel, Petty Tunjungsari, Dara Wahid, Lola Amaria,  Krisdayanti Lemos dan Marini Sardi.

Menurut Putri, masing-masing perempuan di PERTIWI punya komunitas dengan kesamaan pola pikir, kesukaan dan rasa optimis yang akan memudahkan untuk menggalang dukungan dari kelompok-kelompok mereka. “Saya sendiri dengan aktifvitas di Yayasan Puteri Indonesia dengan pasukan puteri-puteri Indonesia akan menyasar ke perempuan-perempuan semua usia, khususnya para milenial,” tuturnya. (Abdi.K)

Artikel Terkait