Sosial Budaya

Dukung Acara Festival Sarung Indonesia 2019, Smesco Buka Display Rumah Sarung Indonesia

Oleh : Ronald - Minggu, 03/03/2019 21:30 WIB

Pameran dan Festival Sarung Indonesia 2019 resmi digelar di Plaza Tenggara, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (3/3/2019). Acara festival ini dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Jakarta, INDONEWS.ID - Pameran dan Festival Sarung Indonesia 2019 resmi digelar di Plaza Tenggara, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (3/3/2019). Acara festival ini dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Pameran dan Festival Sarung Indonesia 2019 ini mengambil tema ‘Sarung Sebagai Identitas Budaya Pemersatu Bangsa’. Dimana Kementerian Koperasi dan UKM berperan menjadi leading sektor dalam acara tersebut bekerjasama dengan kementerian terkait lainnya.

Dengan adanya acara ini, para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) perajin sarung di lndonesia, boleh berbangga dengan digelarnya acara ini.

Pasalnya, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk mempromosikan sarung sebagai salah satu warisan budaya Indonesia dan mentransformasikan sarung sebagai trendsetter, serta gaya hidup modern bagi generasi milenial.

Pameran dan Festival Sarung Indoneaia 2019 turut dihadiri Menteri Koperasi dan UKM, Puspayoga dan Ketua Umum Sarung Fest 2019, IGK Manila. Tak hanya itu, orang nomor satu di negeri ini, Presiden Joko Widodo juga menyempatkan diri mengunjungi berbagai stand pameran di acara tersebut.

Tidak ketinggalan, Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) atau Smesco Indonesia, Emilia Suhaimi, di sela-sela kegiatan pembukaan acara mengatakan bahwa pihaknya juga ikut serta dalam pameran tersebut. Keikutsertaan Smesco Indonesia, ditandai dengan dibukanya display Rumah Sarung Indonesia (Rusari).

“Kita juga ikut feshion show 20 setel dengan bawahan sarung. Ini sebagai bentuk dukungan kita atas terlenggaranya Pameran dan Festival Sarung Indonesia 2019 ini,” ujar Emilia.

Dia mengatakan, Pameran dan Festival Sarung Indonesia ini, dilaksanakan dalam rangka mempromosikan sarung-sarung yang ada di seluruh Tanah Air., sekaligus untuk mempromosikan sarung sebagai salah satu warisan budaya Indonesia dan mentransformasikan sarung sebagai trendsetter serta gaya hidup modern bagi generasi milenial.

“Dengan digelarnya Festival Sarung Indonesia ini, akan ikut mendorong pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya para UKM perajin sarung di lndonesia. Dan kegiatan ini, merupakan gerakan nasional yang didukung oleh 9 Kementerian Lembaga, dimana Bapak Menteri Koperasi dan UKM RI, Puspayoga sebagai Ketua Dewan Pembina,” ujar Emilia.

Dalam gelaran tersebut, diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya pasar rakyat, pameran sarung, fashion on the street berbasis sarung, karnaval sarung Indonesia, seminar dan sarasehan sarung.

Yang tak kalah menariknya, acara itu juga dilaksanakan Lomba Foto Sarung Keren di media aosial (medsos) dengan tema ‘Sarung dan Negeriku. Serta digelar jalan sehat sarung di beberapa kota, musik, fashion, bazaar, dan parade serentak di 6 kota besar. Diantaranya di Jakarta, Surabaya, Kupang, Padang, dan Banjarmasin.

Saat bersamaan, Presiden Jokowi yang hadir membuka acara tersebut, menetapkan tanggal 3 Maret sebagai ‘Hari Sarung Nasional’, dan meresmikan Rumah Sarung Indonesia (Rusari), yang nantinya akan ditempatkan di gedung Smesco INDONESIA, Jalan Gatot Subroto, Jaksel. Selain itu, ditetapkan Duta Sarung Indonesia. (rnl)

 

Artikel Terkait