Politik

Kampanye di Kupang, Jokowi Optimistis Raih 80% Suara di NTT

Oleh : very - Senin, 08/04/2019 22:01 WIB

Capres Jokowi saat berkampanye di Lapangan Sitarda Lasiana, Kupang, NTT, Senin (8/4/2019). (Foto: ist)

 

Kupang, INDONEWS.ID -- Calon presiden Joko Widodo mengungkapkan kecintaannya terhadap Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Jokowi bahkan mengaku sudah delapan kali berkunjung ke NTT.

"Saya sudah berapa kali sebagai Presiden datang ke Nusa Tenggara Timur? Ada yang ngitung. Yang lain (provinsi yang lain, red.) paling saya kunjungi dua kali-tiga kali, di sini sudah delapan kali. Ada apa? Ada apa? Karena saya cinta NTT," ujar Jokowi saat berkampanye di Lapangan Sitarda Lasiana, Kupang, NTT, Senin (8/4/2019).

Untuk menunjukkan kecintaannya itu, Jokowi menerangkan sejumlah proyek strategis pemerintah pusat di NTT, yakni bendungan. Jokowi mengatakan sudah ada tujuh bendungan yang dibangun di NTT, yaitu Raknamo, Rotiklot, Napun Gete, Temef, Manikin, Mbay, dan Kolhua.

"Provinsi yang lain itu paling-paling dapat satu bendungan, dapat dua bendungan paling banyak, karena air merupakan kunci pertumbuhan ekonomi di NTT. Dengan air, kita bisa bercocok tanam... bisa tanam jagung, singkong, padi," kata Jokowi seperti dikutip dari siaran pers. 

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga memperkenalkan program tiga kartu, yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Kartu Pra-Kerja, dan Kartu Sembako Murah. Ia pun mengingatkan para pendukungnya agar bersiap memenangi pemilihan presiden. Pada Pemilihan Presiden 2014, pasangan Jokowi-Jusuf Kalla di NTT mendapatkan suara 66%. 

"Tapi tahun 2019 ini saya yakin, dengan semangat siang hari ini, saya yakin insyaallah minimal 80 persen," ujar Jokowi.

"Nanti ajak tetangga, teman, saudara sekampung berbondong-bondong ke TPS. Agar target 80 persen bisa terpenuhi. Pakai baju putih, karena yang mau dicoblos bajunya putih," ujarnya.

Presiden mengatakan dirinya optimistis bahwa dirinya bisa mendulang suara sebesar 80 persen dari NTT. "Saya yakin minimal 80%. Minimal loh ya, bisa 85% boleh, 90% boleh, 95% boleh," ucap Jokowi.

Dalam kampanye tersebut, calon presiden petahana ini turut membagikan kaus kepada massa di lokasi. Dari atas panggung, Jokowi membagikan sejumlah kaus berwarna putih kepada massa yang memadati lapangan Sitarda Lasiana. Gubernur NTT yang juga timses Jokowi, Viktor Laiskodat juga menemani kegiatan kampanye tersebut. (Very)

Artikel Terkait