Nasional

Membuang Sampah Plastik Ke Laut, Menteri Susi : Harus Kita Tenggelamkan

Oleh : Ronald - Minggu, 21/07/2019 21:01 WIB

Menteri Susi mengajak seluruh warga mulai mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, termasuk penggunaan sedotan plastik sekali pakai.

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa pembuang sampah plastik ke lautan juga "harus kita tenggelamkan".

Pernyataan tersebut disampaikannya pada saat mengikuti kegiatan pawai menolak plastik sekali pakai di Taman Aspirasi Monas, Jakarta, Minggu (21/7/2019),

"Pencuri ikan kita tenggelamkan. Nah, sekarang pencuri ikan pergi, datanglah plastik. Pembuang sampah plastik ke lautan juga harus kita tenggelamkan," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Susi juga mengajak seluruh warga mulai mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, termasuk penggunaan sedotan plastik sekali pakai.

"Jangan minum pakai sedotan plastik. Kalau minum pakai sedotan seperti baby (bayi), malu-maluin," serunya.

Susi mengatakan 71 persen wilayah Indonesia adalah laut dan 70 persen sampah plastik yang dibuang warga akan berakhir di laut.

Tanpa ada upaya untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, dia memperkirakan, jumlah sampah plastik akan lebih banyak daripada jumlah ikan yang hidup di laut Indonesia pada 2040.

Dia memuji warga yang sudah mulai mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, menyebutnya sebagai orang-orang yang mencintai laut.

"Anak-anak bangsa yang mencintai masa depannya, mencintai lautnya," tandas Susi. (rnl)



 

Artikel Terkait