Profile

Human On Wheels: Kisah Inspiratif Kehidupan di Atas Roda

Oleh : hendro - Selasa, 30/07/2019 16:25 WIB

Nisa Arby (youtuber)

Jakarta, INDONEWS.ID - Nisa Arby mencoba untuk menyebarkan kisah-kisah inspiratif tentang kehidupan manusia bersama kendaraannya. Wanita kelahiran 9 Januari 1991 ini pun membuat channel YouTube benama Human On Wheels (HOW) untuk mewujudkan gagasannya.

Lahir dari keluarga yang dekat dengan dunai otomotif, sedari kecil Nisa telah tertarik dengan mobil dan motor.

Di sisi lain, anak pertama dari tiga bersaudara ini  juga menggemari visual yang diawali dari kesukaannya pada komik. Hingga akhirnya Nisa memutuskan untuk kuliah di Institut Kesenian Jakarta (IKJ), dan secara tidak sengaja masuk ke dalam Fakultas FTV, hingga mengambil jurusan Director. 

Lulus dari IKJ, Nisa bergelut dalam industri video dan film-making. Hingga suatu hari ia menghadiri Kustom Fest, sebuah festival kultur kustom otomotif tahunan yang diadakan di Yogyakarta. Pemandangan di acara Kustom Fest tersebut langsung mengusiknya, membuatnya terpana.

Ia ingin mengenal lebih jauh tentang para penggagas serta orang-orang yang ikut serta di acara tersebut. Hingga Nisa pun membuat video tentang Lulut Wahyudi, seorang custom builder yang juga salah satu figur di balik Kustom Fest. Perjalanan Nisa Arby sebagai Content Creator dengan channel YouTube Human On Wheels pun dimulai.

Saat di Yogyakarta pula Nisa tiba-tiba melihat seorang kakek meluncur dengan inline skate-nya.  Nisa pun mengejarnya agar bisa berkenalan dengannya. Kakek itu biasa disapa Mbah Pri, saat itu berusia 64 tahun. Mbah Pri menggunakan sepatu roda pada setiap aktivitasnya.  Nisa pun membuat video tentang kehidupan Mbah Pri untuk Human On Wheels.

Demikianlah satu persatu kisah manusia bersama kendaraan beroda didokumentasikan oleh Nisa. Rentang kendaraannya pun sangat beragam—asalkan beroda dan memiliki semangat yang menarik untuk dibagikan kepada masyarakat luas.

Human On Wheels misalnya mengangkat kisah tentang seorang pria bernama Sugeng Hariyono yang membuat Motor Pustaka; perpustakaan keliling dengan menggunakan sepeda motor yang ditujukan untuk anak-anak agar mudah mengakses dan mengenal buku-buku bacaan. 

Ada juga video kisah Diego dan Marlies yang menempuh perjalanan sejauh 12000 kilometer dari Belanda ke Indonesia, melewati 23 negara selama 11 bulan, dengan menggunakan sepeda. Perjalanan dengan tema Every Thing In Between ini memiliki misi membawa pesan kebaikan untuk membantu anak-anak, hewan dan tumbuhan. Dengan menempuh 1 KM perjalanan mereka berharap bisa mendapatkan 1€ dari crowd-founding.

Saat video tersebut diunggah, mereka telah berhasil mengumpulkan donasi sebesar 21.576.30€ selama perjalanan Belanda-Indonesia. Donasi tersebut telah disumbangkan ke 3 organisasi non-profit : Lestari Sayang Anak, Jakarta Animal Aid Network, dan Kebun Kumara.

Masih banyak lagi video menarik di channel YouTube Human On Wheels, mulai dari tentang sosok atlet skateboard Mario Palandeng, penyanyi Nugie yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi hariannya, motovlogger Den Dimas, reviewer mobil Fitra Eri, dan lain sebagainya.

Secara keseluruhan, ada dua hal yang sangat menarik dari Human On Wheels. Pertama: figur-figur yang dipilih oleh Nisa untuk ditampilkan, bisa dibilang kesemuanya memiliki karakter yang kuat dan memiliki kisah-kisah yang inspiratif.

Kedua: eksekusi videonya. Nisa mengerjakan Human On Wheels secara telaten dan serius, dengan pendekatan pembuatan film, hingga penonton juga dimanjakan dengan visual yang bagus.

Nisa Arby kini terus membuat karya-karya videonya dan berharap Human On Wheels dapat menjadi wadah komunitas kendaraan beroda di Asia Tenggara.

   
 

Artikel Terkait