Budaya

Pesan Persatuan dan Terima Kasih Anies Kepada Masyarakat Manggarai Jakarta

Oleh : Marsi Edon - Minggu, 18/08/2019 23:58 WIB

Gubernur Anies Baswedan, Uskup Bogor Mgr Paskalis Bruno Syukur dan Panitia Kegiatan dari Komunitas Perempuan Manggarai(KPM) Jakarta, saat Festival Budaya Manggarai di TMII, Jakarta.(Foto:IST)

Jakarta, INDONEWS.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan pesan persatuan dan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Manggarai di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.(Jabodetabek). Penyampaian pesan ini tidak terlepas dari sumbangsih masyarakat Manggarai terhadap penyelenggaraan pembangunan di Ibu kota. Hal ini ia sampaikan pada saat menghadiri kegiatan festival budaya Manggarai di Taman Mini Indonesia Indah(TMII), Jakarta, Minggu,(18/08/2019)

Gubernur Anies bersyukur dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Manggarai karena mengundangnya untuk melihat secara langsung festival budaya Manggarai di Jakarta. Ia juga menyampaikan rasa terima kasih karena masyarakat Manggarai berpartisipasi aktif dalam penyelengaraan pembangunan di ibu kota. Selain itu, Manggarai diaspora juga telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Jakarta.

Baca juga : Pak Gubernur Baru

"Saya bersykur hari ini saya bisa bersama dengan masyarakat Manggarai Jakarta, tadi saya sampaikan bahwa masyarakat Manggarai yang ada Jabodetabek, terima kasih telah menjadi bagian dari ibu kota, dan telah ikut mewarnai ibu kota," kata Anies.

Anies juga mengatakan, dalam suasa merayakan hari ulang tahun kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia,(RI), masyarakat Indonesia kembali mengingatkan memori perjuangan untuk mencapai Indonesia merdeka. Saat ini, katanya, kita diminta untuk mengisi kemerdekaan Indonesia hasil perjuangan dari para pendiri bangsa. Ia pun tidak lupa menyampaikan pesan bahwa tanah air kita adalah satu yakni Indonesia.

Loading...

"Tanah lahir kita boleh berbeda tetapi tanah air kita adalah Indonesia dan kita sama-sama majukan Indonesia tercinta ini," ungkapnya.

Lebih lanjut Anies mengatakan, pemerintah DKI saat ini tengah membangun sistem transportasi publik untuk mengurangi masalah kemacetan di Jakarta. Pembangunan sarana transportasi dibuat secara tersistematis agar masyarakat DKI bisa saling berinteraksi di dalamnya. Anies sendiri berterima kasih kasih karena di Manggarai memiliki sistem pembagian kebun berbentuk jejaring laba-laba` Lodok` dan dipakai dalam membangun sistem transportasi umum di Jakarta.

"Jakarta secara khusus, Saya secara khususu terinspirasi oleh sebuah sistem yang dibangun di Manggarai, kami di Jakarta, membangun sistem transportasi yang terintegrasi, tetapi idenya, gagasannya terinspirasi dari konsep sawah yang ada di Manggarai, Lingko (Lodok), kami pinjam kata Lingko untuk membangun sistem transportasi publik di Jakarta yang ada interaksi antara warga di dalamnya," jelasnnya.

Anies sendiri berharap, kegiatan festival kebudayaan seperti ini terus dilanjutkan untuk menjaga nilai-nilai budaya dan kearifan lokal  Indonesia. Sebab, dunia semakin maju dan menghadirkan ancaman tersendiri bagi keberdaan budaya lokal Indonesia. Karena itu, pilihan melaksanakan pentas budaya sangat penting agar warisan nenek moyang  kita tidak punah ditelan zaman.*(Marsi Edon)

 

 

 

Artikel Terkait