Nasional

BAN PT Melaksanakan Akreditasi Program Studi S1 Politik Pemerintahan Fakultas Polpem IPDN

Oleh : hendro - Rabu, 21/08/2019 10:58 WIB

Suasana visitasi di kampus IPDN Jakarta

Jakarta, INDONEWS.ID -BAN PT Melaksanakan Akreditasi Program Studi S1 Politik Pemerintahan Fakultas Polpem IPDN, Rabu (21/8/2019).

Prodi S1 Kebijakan Publik Fak Polpem IPDN hari ini melaksanakan visitasi. Visitasi dihadiri Rektor IPDN Prof. Murtir Jeddawi, SH, MSi, Kepala Lembaga Kajian Strategis Pemerintahan, Prof. Sadu Wasistiono, MS, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Internal IPDN, Prof. Wirman Syafri, MSi, Dekan Fakultas Politik Pemerintahan, Dr. Muhadam Labolo, Dekan Fak Hukum Tata Pemerintahan, Dr. Romly Arsyad, Dekan Manajemen Pemerintahan, Dr. Islamil Nurdin, Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Andi Pitono, Ketua Prodi S1, Dra. Pratiwi, MSi, sekprodi, Drs. Asrihadi, MA. Pelaksana visitasi dari Kemenristekdikti diwakili oleh Prof. Dr. Paulus Israwan Setyoko, MS (Uni Jendral Soedirman) dan Prof. Dr. Soesilo Zauhar, MS (Univ Brawijaya). 

Rektor IPDN Murtir dalam sambutannya mengekspos keunggulan yang dimiliki institute pencetak Pamong Praja ini, "IPDN sebagai sekolah kedinasan tentu memiliki spesifikasi dan keunggulan tersendiri. Mahasiswa atau praja sudah memulai aktifitas sejak pagi hingga malam hari," terang Murtir sembari menguraikan kegiatan praja seperti aerobik pagi, kuliah, pelatihan, olah raga sore, hingga apel malam.

Menurut Murtir, seluruh rangkaian kegiatan yang mengharuskan kedisiplinan itu akan menanamkan karakter kuat dalam diri praja. "Kepribadian kuat adalah modal utama praja bila kelak bertugas bagi nusa bangsa,"ujarnya.

Loading...

Dekan Fakultas Politik Pemerintahan, Muhadam Labolo yang hadir menyebutkan bahwa tujuan akreditasi untuk mengevaluasi  kebijakan dan mutu pendidikan dilingkungan program studi S1.

"Akreditasi kali ini meningkat menjadi level 9 dibanding akreditasi sebelumnya pada level 7. Dengan akreditasi diharapkan kualitas prodi S1 semakin baik dan unggul yg dibuktikan melalui peningkatan kualitas peserta didik, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan alumninya di lapangan,* kata lulusan STPDN angkatan 04 ini.

Selain itu, kata Muhadam,  akreditasi akan mengukur kemampuan sarana dan prasarana yang tersedia dalam mendukung proses belajar mengajar di lingkungan program studi dan fakultas polpem pada umumnya.

Akreditasi akan berlangsung mulai tanggal 20 hingga 22 Agustus 2019 di IPDN Kampus Jakarta. Seluruh instrumen borang yang tersedia diharapkan mampu mendukung indikator kinerja utama dan indikator kinerja tambahan. Selain itu, aspek-aspek yang akan dilihat adalah visi, misi, dukungan sarpras, proses pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, kontribusi alumni, dan signifikansinya pada pemerintah pusat dan daerah.

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait