Nasional

Seruan Organisasi BERSAMA Menuju Indonesia 100 Persen Sehat

Oleh : luska - Senin, 29/06/2020 19:33 WIB

Ketua Umum Mayjen Pol (P) Drs. Putera Astaman bersama Pemred indonesia.id Asri Hadi

Jakarta, INDONEWS.ID - Sejak Presiden RI menyatakan Indonesia Darurat Narkoba, Indonesia Perang Melawan Narkoba, belum ada indikasi signifikan bahwa Indonesia sudah lepas dan bebas dari belenggu Darurat Narkoba. 

Oleh karenanya, jelas Ketua Umum BERSAMA, Mayjen Pol (P) Drs. Putera Astaman menerangkan diperlukan upaya ekstra oleh Pemerintah beserta seluruh komponen bangsa untuk keluar dari belenggu Darurat Narkoba dan melangkah menuju Indonesia Maju Bersih Narkoba (Indonesia Maju BERSINAR).

Berlandaskan hal tersebut, himbauan menuju Indonesia 100 Persen sehat digaungkan seiring dalam rangka Hari Ulang Tahun BERSAMA Ke-42 dan Peringatan HANI 2020.

" Bersama ini kami seluruh Pengurus DPP dan Komunitas BERSAMA menyampaikan Seruan serta Himbauan kepada seluruh komponen bangsa, Pemerintah (GO) dan Non Pemerintah (NGO)," tegas Putra Astaman.

Dalam himbauannya, BERSAMA, pertama mengajak generasi muda untuk mempunyai semangat Hidup 100% dan Semangat Merah Putih pantang menyerah.

" Maka kita melakukan upaya Penanganan Darurat Narkoba dengan upaya luar biasa yang lebih terpadu antara Pemerintah dan Non Pemerintah, antara GO dan NGO."  Jelasnya lagi.

 Kedua adalah bersama – sama antara pemerintah dan non pemerintah melaksanakan Penanganan Darurat Narkoba (PDN) dengan Kelola Sosial Berskala Besar (KSBB). Pengelolaan secara terpadu 
diwujudkan dengan pembentukan Gugus Tugas Terpadu ditingkat Nasional dan Daerah 
berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia, dengan masa bakti Gugus Tugas tahun 2020-2024.

Kemudian yang ketiga bagi anak – anak bangsa relawan yang peduli masalah narkoba dan terpanggil ikut memerangi narkoba diserukan dan dihimbau untuk bergabung dalam salah satu Grup Bersih Narkoba (Grup BERSINAR) baik dalam Komunitas Warga Tama, Komunitas Warga Karya, maupun Komunitas Warga Anti Madat (Warga Adat).

Ketua Umum BERSAMA ini mencontohnya, Grup BERSINAR Laskar, Grup BERSINAR KIPAN, Grup BERSINAR MiNoSAM, Grup BERSINAR Komunitas Warga Karya, Grup BERSINAR Komunitas Warga Adat dan lain sebagainya.

Dikatakan Putera Astaman, Grup berbasis taat aturan dan disiplin yang tinggi, membangun Persahabatan Bersih Narkoba (Persahabatan BERSINAR) Sepanjang Hayat didalam Grup BERSINAR.

Untuk pelaksanaan Test Urine baik dalam rangka Deteksi Dini maupun Penindakan dan Penegakan 
Hukum, tambahnya lagi, harus dilaksanakan dengan penuh konsistensi agar tercapai dampak pencegahan maupun dampak sosial yang diharapkan. Test Urine Berskala Besar sesuai dengan amanat Inpres Nomor 2 Tahun 2020 harus dilaksanakan dengan serius disetiap Komunitas Strategis GO maupun NGO.

Kelima, Mereka yang dari hasil test terbukti positif narkoba dan dari hasil assessment terbukti sakit adiksi harus dirawat dan disembuhkan disalah satu lembaga rehabilitasi resmi yang diakui Pemerintah, 
baik milik GO maupun NGO.

"Selanjutnya mereka harus dibina dalam Komunitas Warga Karya untuk menjadi anak bangsa berprestasi dalam bentuk Grup BERSINAR Komunitas Warga Karya," imbuhnya.

BERSAMA melalui Ketua Umum Mayjen Pol (P) Drs. Putera Astaman berharap  Presiden RI, Pemerintah dan seluruh komponen bangsa dengan harapan bahwa dalam 5 tahun kedepan secara signifikan bangsa Indonesia dapat keluar membebaskan diri dari belenggu Darurat Narkoba. (Lka)

Loading...

Artikel Terkait