Politik

Malam Ini KPU Pastikan Umumkan Nama Caleg Eks Napi

Oleh : luska - Rabu, 30/01/2019 11:40 WIB

Ilustrasi gedung KPU (istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Sempat tertunda sehari, Komisi Pemilihan Umum (KPU) pastikan malam ini Rabu (30/1/2019) akan diumumkan nama nama caleg mantan napi.

Hal tersebut dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman ditemui saat ikuti Rapim Polri di Gedung Tri Brata, Jakarta, Rabu (30/1/2019).

“Nanti malam ya. Tadinya kan mau kemarin, tapi karena saya diperiksa (terkait kasus Oesman Sapta Odang) kan sampai malam di Polda Metro Jaya. Akhirnya diundur pengumumannya hari ini,” kata Arief.

Diperoleh informasi ada sekitar 40 nama caleg eks napi yang bakal diumumkan nanti.

Sebagai informasi daftar nama calon legislatif (caleg) mantan narapidana terdiri dari eks napi kasus korupsi, narkoba, dan kekerasan seksual.

Daftar nama eks napi inio juga akan diumumkan melalui situs resmi KPUI dan media massa cetak serta elektronik. Daftar tersebut tak hanya memuat nama dan identitas caleg, dan juga kasus hukum yang pernah menjeratnya termasuk putusan peradilan kasus hukum yang bersangkutan.

Langkah ini demi melindungi hak pemilih agar bisa mendapatkan informasi para calon yang akan mereka pilih nantinya. KPU juga telah membahas hal ini dengan KPK.

TAGS : kpu caleg napi

Artikel Terkait