Asyiknya Peringatan Kemerdekaan Indonesia di Belgia

Oleh : hendro - Sabtu, 24/08/2019 23:01 WIB

 Dubes RI Yuri O. Thamrin saat membuka acara perayaan kemerdekaan RI di KBRI Brussel

Brussel, INDONEWS.ID - Acara bazar dan panggung gembira selalu menjadi acara yang ditunggu-tunggu masyarakat dan diaspora Indonesia di luar negeri, khususnya di Belgia. 

Betapa tidak? Makanan khas Nusantara dari rendang, siomay, mpek-mpek, bakso, iga bakar, mie ayam hingga semur jengkol dan sambal teri tersedia, dan selalu menjadi pengobat rindu akan tanah air. 

Tentunya berbeda dengan kondisi di Indonesia dimana makanan Indonesia yang enak-enak bisa didapat di setiap pojok ruang. Di jalan, di mal bahkan di depan rumah, beragam tukang makanan silih berganti menjajakan makanan favorit. 

Di Belgia, tidak banyak restoran Indonesia yang tersedia. Meskipun bahan mentah makanan Indonesia tidak sulit didapat karena ada beberapa toko Asia yang juga menjual tempe, pete dan bumbu-bumbu khas nusantara, namun mengolahnya menjadi makanan enak memerlukan keahlian tersendiri. Di Bazar ini, semua tersedia.

Tahun ini Bazar dan Panggung Gembira di Belgia dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2019 sejak pagi hingga sore hari. Karena masih liburan musim panas, tidak hanya masyarakat Indonesia yang berbondong-bondong memadati kegiatan ini, tapi juga masyarakat lokal yang penasaran akan makanan Indonesia yang terkenal lezat.

Tidak lengkap rasanya menikmati makanan Indonesia tanpa suasana Indonesia. Berbagai penampilan seni tari, line dance Maumere, gamelan, lagu-lagu daerah dan populer hingga keroncong tak ketinggalan dimainkan sebagai hiburan. Dari anak-anak, kelompok remaja, dewasa semua berpartisipasi untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan RI ke-74 tahun ini.

Bazar dan Panggung Gembira tahun ini lebih ramai. Lebih dari  1000 orang hadir dalam dalam kegiatan ini. Selain dihadiri dan dibuka  Dubes RI Yuri O. Thamrin, acara ini dihadiri juga oleh Dubes-Dubes negara-negara anggota ASEAN di Brussel.  Masyarakat Indonesia di Belgia juga berbagi kebahagiaan dengan mengumpulkan dana untuk disumbangkan ke tanah air melalui Palang Merah Indonesia. 
 

Loading...

Artikel Terkait