Pojok Istana

Naikan Status, Jokowi Ingin RS Darurat Pulau Galang Rawat Pasien Corona Gejala Sedang

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 29/06/2020 20:01 WIB

Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar RS Darurat Covid-19 di Pulau Galang, Kepulauan Riau dioptimalkan untuk merawat pasien terinfeksi virus corona dengan tingkat gejala sedang. RS Darurat Pulau Galang awalnya diperuntukkan untuk merawat pasien Covid-19 yang bergejala ringan.

Hal ini disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo usai rapat bersama Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (29/6/2020).

"Perintah Bapak Presiden untuk pemanfaatan Pulau Galang bagi pasien yang sakit sedang. Ini mungkin akan dipertimbangkan untuk dirawat di Pulau Galang," kata Doni kepada wartawan.

RS Darurat di Pulau Galang diketahui resmi beroperasi pada 6 April 2020. Rumah sakit ini diprioritaskan untuk menampung pekerja migran Indonesia yang baru kembali ke tanah air.

Selain itu, Doni menyebut Jokowi juga meminta agar jumlah tenaga medis dan peralatan medis diperbanyak untuk penanganan virus corona di daerah. Menurut dia, Jokowi ingin agar mahasiswa di daerah ikut berperan mengurangu penyebaran corona.

"Bapak Presiden memberikan instruksi, di samping menambah jumlah unsur TNI-Polri untuk upaya mitigasi, juga tenaga dokter, tenaga perawat dan alat perlengkapan medis yang dibutuhkan," jelasnya.*

Artikel Terkait