Daerah

TMMD ke 108 di Tanahdatar

Oleh : luska - Rabu, 01/07/2020 16:12 WIB

Kasrem 032 Wbr Kol.Inf Amrizen didampingi wakil Bupati tanahdatar Zuldafri darma memukul gong tanda dimulai TMMD kabupaten tanahdatar (foto M, Datuk)

Tanahdatar,INDONEWS.ID --Wakil Bupati Tanahdatar Zuldafri Darma mengakui kegiatan Kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) selama ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat disamping meningkatkan  semangat Gotong Royong (Goro) masyarakat termasuk capaian hasil pembangunan TMMD tersebut sangat besar sekali.

Hal itu diungkapkan Zuldafri Darma waktu pembukaan pelaksanaan TMMD ke-108 Wilayah Kodim 0307 Tanah Datar Tahun 2020, yang juga dihadiri Gubernur Sumbar diwakili Kadis PMD Syafrizal, Kasrem 032 Wbr Kol.Inf Amrizen, , Ketua DPRD Tanah Datar H. Rony Muyadi Dt. Bungsu, Forkopimda, Kepala OPD se Tanah Datar, Ketua GOW Ny. Retri Zuldafri, Ketua Persit Ny. Sri Bulan Hasibuan, Wakil Ketua II TP PKK Ny. Rina Irwandi, Ketua Bhayangkari, Ketua Bundo Kanduang dan undangan lainnya di  Gazebo Indo Jalito Batusangkar.

Menurutnya “TMMD atau TMMN (Nagari) dapat membantu mempercepat pembangunan dengan penekanan prioritas pembangunan di bidang infrastruktur, sarana dan prasarana dasar lainnya dengan meningkatkan semangat gotong royong masyarakat,”

Karena. Dengan program ini, tambah Wabup, yang merupakan program lintas sektoral melibatkan, TNI dalam bentuk kemanunggalan bersama seluruh komponen bangsa dan lapisan masyarakat.

“Sesuai tema yakni TMMD Pengabdian Untuk Negeri tentu diharapkan kegiatan ini memberi dampak nyata peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kepada masyarakat nantinya senantiasa memelihara apa yang telah dibangun bersama TNI dan unsur lainnya,” 

Sementara itu Gubernur Sumbar diwakili Kadis PMD Syafrizal menyampaikan, kegiatan TMMD dirasakan memang memberikan manfaat dan dampak nyata bagi masyarakat. “Berbagai kegiatan dilaksanakan selama TMMD intinya adalah membantu dan meringankan beban masyarakat terkhusus di lokasi TNI melaksanakan program ini. Tentu hal ini sangat baik dan bagus sekali karena juga memberikan manfaat peningkatan kesejahteraan masyarakat,

Sebelumnya Dandim 0307 Tanadhatar Letkol. Inf. Edi S. Harahap menyampaikan, TMMD bertujuan disamping memantapkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, juga untuk turut membantu Pemda Tanah Datar dalam rangka menyejahterakan masyarakatnya.

“TMMD yang dilaksanakan di Nagari Panyalaian Kecamatan X Koto mempunyai berbagai sasaran, seperti pembukaan jalan baru dan pengerasan jalan sepanjang 2.800 meter dengan lebar 6 meter.

Penyuluhan tentang Covid-19, sosialisasi penegakan disiplin protokol kesehatan, penyuluhan hukum dan narkoba, pendidikan bela negara, wawasan kebangsaan sampai ke penyuluhan pertanian dan perikanan,” 

Sedangkan untuk jadwal kegiatan, tambah Dandim, pra TMMD sudah dilaksanakan dari 7 sampai 29 Juni 2020 dan untuk pelaksanaannya dimulai 30 Juni sampai 29 Juli 2020. “Dalam TMMD ini melibatkan 150 orang personil satgas, 25 orang penyuluh dari OPD dan 50 orang masyarakat per hari,” 

Harapan yang sama juga disampaikan wali Wali Nagari Panyalaian Roni Dt. Panduko Sirajo  dengan mengucapkan terima kasih kepada Pemda dan TNI yang telah menjadikan daerahnya sebagai tujuan pelaksanaan program TMMD.

“Dari rencana pelaksanaan TMMD yang akan membuka jalan masyarakat sepanjang 2,8 km dengan lebar 6 meter tentu menjadi sesuatu hal yang sangat berharga bagi kami, terutama sekali untuk biaya produksi hasil tani atau kebun masyarakat semakin ringan. Biasanya biaya pikul Rp.15 ribu, sekarang hanya Rp.5 ribu sudah sampai ke pasar (M.Datuk)

Artikel Terkait