Opini

Jakarta Akan Kembali PSBB Solusi Atau Frustasi

Oleh : luska - Minggu, 13/09/2020 07:15 WIB

Politisi Partai Nasdem, Irma Suryani Chaniago. (Foto : ist)

Oleh :  Irma Suryani Chaniago (Partai Nasdem)

Jakarta, INDONEWS.ID - Gubernur DKI Anies Baswedan menyatakan akan memberlakukan kembali program PSBB dan rencananya akan diterapkan mulai tanggal 14 september 2020. 

Pertanyaan nya, ini langkah solusi atau karena beliau merasa frustrasi ? Karena sejak diberlakukan New Normal kasus positif corona di DKI Jakarta bukan nya menurun tetapi makin bertambah tinggi dan bahkan menurut survey saat ini jakarta bukan lagi zona merah tetapi sdh masuk ke zona hitam ! 

Pertanyaan betikut nya mengapa kasus positif tdk menurun meskipun yg sembuh semakin banyak ? Menurut saya, pertama masyarakat jakarta yg nota bene terbiasa hidup semau gue kebanyakan tidak peduli dgn keselamatan diri sendiri dan orang lain dan ini terbukti dengan banyak nya masyarakat jakarta yg tdk menggunakan masker saat keluar rumah dan tdk mengindahkan peraturan terkait dgn social distancing namun untuk saat ini dimana dunia sdg mengalami resesi ekonomi global tentu bukan PSBB solusi yg harus nya diterapkan oleh gubernur DKI, tetapi pembatasan skala mikro dan penerapan regulasi protokol covid yg sangat ketat, dan untuk melaksanakan ini anies bisa berkoordinasi baik dgn polri dan TNI. Berdayakan polri untuk merazia masyarakat yg tdk mengunakan masker pagi sampai siang dan TNI dari siang sampai malam. Apakah untuk mengerjakan ini polisi dan TNI hrs mendapat insentif tambahan, menurut saya tdk perlu karena itu mmg sdh menjadi bagian dari tugas mereka untuk menjaga negara, apa lagi TNI kan tdk ada perang, jadi tenaga nya bisa dimanfaatkan. 

Selain razia masker oleh Polisi dan TNI tiap camat dan lurah beri tanggung jawab untuk menjaga wilayahnya dgn program jam malam. Toko apapun tdk boleh buka lebih dari jam 9 malam, terutama pedagang makanan dan warung kopi, pedagang yg tdk menggunakan masker wajib di denda. Sedangkan setiap mall wajib menyediakan hand sanitizer dan mewajibkan pengunjung menggunakan masker. 

Yakinlah, keberhasilan anda membebaskan DKI dari covid akan membuahkan hasil jika anda berfikir cerdas, tdk ada gunanya anda menerapkan PSBB lagi ! Karena jika anda mengambil langkah frustrasi maka yakinlah langkah anda tdk akan berhasil tuan gubernur .

Loading...

Artikel Terkait