Pojok Istana

Jokowi Perintahkan Menkes Audit Ketersediaan Tempat Tidur Dan ICU Untuk Pasien Covid-19

Oleh : Ronald - Senin, 14/09/2020 15:30 WIB

Presiden Jokowi (Foto: Antara)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan mengaudit dan merinci ketersediaan tempat tidur dan ICU di seluruh rumah sakit rujukan Covid-19 di Indonesia. 

Hal tersebut dikatakan Jokowi dalam rapat terbatas tentang "Laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional" di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/9/2020). 

"Pastikan ketersediaan tempat tidur dan ICU di rumah sakit rujukan untuk kasus berat. Saya minta agar Menkes segera lakukan audit dan koreksi mengenai protokol keamanan untuk nakes (tenaga kesehatan) dan pasien di seluruh rumah sakit, sehingga rumah sakit menjadi tempat aman dan tidak menjadi klaster penyebaran Covid," ujarnya.

Selain audit, lanjut Jokowi, Menkes Terawan diminta melakukan koreksi mengenai protokol keamanan untuk tenaga kesehatan dan pasien. Hal ini dilakukan semata memberi rasa aman bagi mereka dan nyaman bagi pasien.

"Koreksi di seluruh rumah sakit, sehingga betul menjadi tempat yang aman dan bukan jadi klaster penyebaran Covid," sambung Jokowi.

Terakhir, Jokowi juga meminta seluruh elemen bergerak, guna meningkatkan rata-rata tingkat kesembuhan akibat Covid-19 di Indonesia. Dia mengatakan angka kesembuhan Indonesia masih di bawah standar angka kesembuhan dunia.

"Pemerintah terus harus bekerja keras untuk meningkatkan kesembuhan, ini penting sekali. Kita sedikit lebih rendah dari kesembuhan dunia, saya kira kita terus mengejar rata-rata kesembuhan global," tandasnya. 

Sebagaimana diberitakan, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan saat ini tren perkembangan grafik bed occupancy ratio atau rasio tempat tidur terisi di 67 rumah sakit rujukan Covid-19 di DKI Jakarta memperlihatkan kenaikan.

Pihaknya sering melakukan diskusi dan memberikan pesan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk memperhitungkan jumlah kapasitas tempat tidur. Masalah ketersediaan tempat tidur rumah sakit di Jakarta juga sudah disampaikan kepada Menteri Kesehatan.

“Dan saya juga sudah koordinasikan dengan bapak Menteri Kesehatan dan sudah ada langkah-langkah untuk menata agar kekhawatiran tentang ketersediaan ruang ICU di rumah sakit ini bisa kita atasi bersama gitu,” katanya, kemarin. (rnl)

Loading...

Artikel Terkait