Daerah

Keputusan Pembelajaran Online demi mengatasi merebaknya Virus Corona

Oleh : luska - Jum'at, 25/09/2020 21:15 WIB

Tanahdatar, INDONEWS.ID --- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebuayaan Kabupaten tanahdatar Drs Riswandi mengakui Kebijakan pembelajaran secara online atau dalam jaringan (daring) terpaksa diambil pemerintah daerah akibat masih merebaknya virus Corona.

Keputusan itu kita ambil sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri terkait proses belajar di era new normal.ujar Riswandi dalam  kegiatan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Tanah Datar yang mengangkat tema peran orang dalam membimbing anak belajar di era new normal, dan juga dihadiri  Kabid Pengarusutamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan Dinas Sosial Sri Hastuti dan Camat X Koto Khairunnas Y dengan peserta seluruhnya unsur Bundo kanduang se Kecamatan X Koto yang  dilaksanakan di Gedung Serba Guna

Diakuinya Prinsip yang menjadi landasan menetapkan kebijakan sekolah masih ditutup tersebut adalah prioritas kesehatan dan keselamatan peserta didik, tenaga kependidikan, keluarga dan masyarakat.

 "Dengan ada kebijakan belajar dari rumah, orang tua punya peran penting dalam membimbing anak. Tidak hanya materi pelajaran dan tugas, penguatan pendidikan karakter sangat diharapkan bantuan orang tua.

Saya juga sudah sampaikan kepada tenaga kependidikan, jangan hanya mementingkan muatan kurikulum tetapi penguatan karakter lebih penting," Menyikapi pendampingan anak belajar di era normal ini, Kadis Riswandi berbagi tips untuk menjadi orang tua HEBAT.

"Strategi ini saya sebut sebagai orang tua HEBAT, ada lima unsur di dalamnya yaitu, Helpful, Easy Going, Be resourceful, Active Communication dan Thoughtful," disamping itu menjelaskan secara ringkas lima kiat tersebut, orang tua bisa menawarkan bantuan kepada anak untuk belajar bersama, tidak harus menguasai materi tetapi bisa mengayomi, selanjutnya dalam mendampingi anak dilakukan secara rileks dan tidak kaku sehingga tingkat stres anak bisa terjaga.

Poin berikutnya orang tua agar bisa mencermati proses pembelajaran, mengetahui bukan berarti harus menguasai materi pelajaran. Komunikasi yang baik dengan anak, guru dan pihak sekolah juga menjadi kata kunci. Jika ada permasalahan bisa terdeteksi lebih awal sehingga bisa diatasi.
Kiat terakhirnya adalah orang tua harus menunjukkan perhatian kepada anak, walau sesibuk apapun jangan abai dengan perkembangan anak.

"Mudah-mudahan orang tua bisa memaklumi dengan kondisi ini dan mari kita berdoa agar pandemi Covid-19 segera berakhir. Jika kondisi membaik, kita akan usulkan kembali pembukaan sekolah, tentunya dengan protokol kesehatan dan kita sudah siapkan SOP-nya," 

Sementara Ketua GOW Tanah Datar Ny. Retri Zuldafri saat pembukaan mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program kerja GOW. "Kita melakukan sosialisasi turun ke kecamatan-kecamatan untuk memberikan pencerahan terutama dalam menyikapi kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Tema yang dipilih hari ini sangat menarik. Kita menyadari peran orang tua sangat penting mendampingi anak belajar di era new normal ini sekaligus membentuk karakter anak sejak dini (M.Datuk)

Loading...
TAGS : Tanahdatar

Artikel Terkait