Daerah

Asisten Deputi Revolusi Mental Kementeri PMK RI : Gerakan Revolusi Mental di Tanahdatar Sukses

Oleh : luska - Rabu, 21/10/2020 13:49 WIB

Tanahdatar, INDONEWS.ID -- Asisten Deputi Revolusi mental kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI Alfredo Sani Fenat  optimis dengan semangat Pemerintah Daerah Kabupaten Tanahdatar akan mampu mensosialiasikan kepada masyarakat.

Hal itu diungkapkan Afredo Sani waktu menghadiri gerakan revolusi menthal dan pembentukan gugus tugas  revolusi menthal bersama Direktur bina ideologi karakter dan wawasan kebangsaan ditjen politik dan pemerintahan umum kemendagri  Drajat Wisnu Setyawan dan pembukaan langsung dilakukan oleh PJS Bupati Tanahdatar Erman Rahman  dan kepala Kesbangpol Tanahdatar Irwan 
Kegiatan itu juga dihadiri oleh seluruh OPD dilingkungan Pemda tanahdatar,BUMD, tokoh masyarakat, LKAAM,Bundo Kanduang, PKK Pemuda dan PWI Tanahdatar yang dilaksanakan di Hotel Emersia Batusangkar.

Menurutnya evolusi mental merupakan bentuk proses transformasi pembentukan karakter bangsa melalui pembangunan keluarga. Didalam revolusi mental ditegaskan bahwa karakter dan kesejahteraan bangsa dapat tercipta diawali dari lingkup masyarakat terkecil yaitu keluarga.

Keluarga memiliki peran besar dalam proses pembentukan karakter setiap individu yang nantinya merupakan cikal bakal bagian dari bangsa Indonesia. Di sinilah tugas dan peran orangtua sangat mendominasi keberhasilan pembentukan karakter tersebut. Orangtua yang berhasil  dan  Revolusi Mental diharapkan dapat meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai luhur budaya bangsa. Nilai-nilai luhur ini diharapkan dapat menjadi karakter yang menjadi landasan untuk memperkuat kebersamaan dan persatuan, toleransi, tenggang rasa, gotong royong, etos kerja dan menciptakan kehidupan keluarga yang harmonis.

Sementara itu PJS Bupati Tanahdatar Erman Rahman menyebutkan Gerakan revolusi mental di Kabupaten Tanah Datar sangat diperlukan sebab saat ini telah terjadinya pergeseran nilai-nilai bermasyarakat.

Karena terjadinya dinamika perkembangan ilmu pengetahuan, politik dan kemajuan kehidupan dalam teknologi sehingga nilai-nilai kehidupan yang selama ini menjunjung tinggi adat istiadat, nilai moral dan gotong royong telah bergeser pada nilai yang progmatis, egoistis dan individual.

Untuk mendukung geraka nasional revolusi mental tersebut maka  rencana aksi gerakan gugus tugas yang akan dilakukan  di kabupaten tanah datar meliputi ,Gerakan nasional revolusi mental tanah datar melayani, Gerakan nasional revolusi mental tanah datar bersih, gerakan nasional revolusi mental tanah datar tertib,gerakan nasional revolusi mental tanah datar mandiri, gerakan nasional revolusi mental tanah datar bersatu dan intinya bertujuan untuk pemahamandan kesadaran seluruh masyarakat akan pentingnya revolusi mental, Mengevaluasi mental dan kepribadian masyarat dalam berbagai bidang di dalam sendi sendi berkehidupan, Pemerintah kabupaten tanah datar melalui kantor kesbangpol akan mempercepat pelaksanaan kegiatan gerakan revolusi mental dikabupaten tanah datar.

Karena itulah Pemerintah Daerah tanahdatar menyampaikan terima kasih kepada asisten Asisten Deputi Revolusi mental kemenko PMK Alfredo Sani Fenat  Dan Direktur bina ideologi karakter dan wawasan kebangsaan ditjen politik dan pemerintahan umum kemendagri  Drajat Wisnu Setyawan yang telah menunjuk dan mempercayakan Kabupaten tanahdatar sebagai pilot proyek gerakan revolusi mental dan berharap kepada seluruh peserta forum diskusi grup gerakan revolusi mental tanah datar agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh sungguh, sehingga dapat menghasilkan program rencana aksi gerakan nasional revolusi mental kabupaten tanah datar tahun 2021, untuk mewujudkan gerakan revolusi mental yang bermoral (M.Datuk)

Loading...
TAGS : Tanahdatar

Artikel Terkait